Politik Pemerintahan

Terapkan Prokes, SKK Migas K3S Jabanusa dan PWI Jatim Gelar Uji Kompetensi Jurnalis

Ketua PWI Jawa Timur Ainur Rohim (baju biru muda-duduk) dan Kepala Perwakilan SKK Migas Jabanusa, Nurwahidi (berdiri) saat membuka uji kompetisi di Kantor PWI Jatim, Surabaya, Jumat (27/11/2020).(Manik Priyo Prabowo)

Surabaya (beritajatim.com) – Bekerjasama dengan SKK Migas K3S, PWI Jatim kembali menggelar uji kompetensi Graha Abdul Aziz Kantor PWI Jawa Timur, Jalan Taman Apsari 15-17, Surabaya, Jumat (27/11/2020).

Dengan melaksanakan protokol kesehatan ketat, uji kompetensi kali ini mengambil tema melawan isu hoax, khususnya di tengah pandemi Covid-19. Tercatat, setidaknya lebih dari 15 peserta mengikuti uji kompetensi ke-31 ini.

Kepala Perwakilan SKK Migas Jawa Bali Nusa Tenggara, Nurwahidi menjelaskan, isu hoax di sosial media dan jejaring sosial berkembang cukup pesat sehingga perlu dilakukan penangkalan dengan data real di lapangan.

“Menurut kami perlu adanya peran serta jurnalis yang memiliki kopetensi pengumpulan data yang akurat. Sebab hanya jurnalis yang bisa mencari data dan memberitakan sesuai realita,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua PWI Jawa Timur, Ainur Rohim bahwa perlunya pengujian dan peningkatan kompetensi jurnalis di Jawa Timur untuk menjaga kemampuan mengolah data secara real dan independen.

“Kami harapkan dengan mengasah kemampuan jurnalis di Jawa Timur ini bisa meningkatkan produk jurnalistik yang mendidik. Sehingga perkembangan hoax yang menyesatkan saat ini bisa ditepis dengan data dan realita di lapangan,” paparnya.

Ainur juga menegaskan, dalam pelaksanaan uji kompetensi ini perlu ditaati prokes dan selalu menegakkan 3M. Sebab, virus corona di Indonesia dan dunia belum berakhir. Sehingga, setiap pelaksanaan kegiatan wajib melaksanakan protokol kesehatan.(man/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar