Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Tekan Radikalisme di Era Digital, DPRD Jatim Fraksi PDIP Sosialisasikan Wawasan Kebangsaan

Anggota DPRD Jatim Fraksi PDIP, Deni Wicaksono saat sosialisasi Wawasan Kebangsaan di Aula Gedung DPC PDIP Magetan, Sabtu (27/11/2021).

Magetan (beritajatim.com) – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Jawa Timur Fraksi PDIP, Deni Wicaksono menggelar sosialisasi wawasan kebangsaan guna perkuat ideologi Pancasila, sekaligus untuk menangkal paham radikalisme di era digital.

Deni mengatakan, isu-isu terkait radikalisme dan berita bohong di tengah perkembangan teknologi informasi saat ini berpotensi memecah persatuan dan kesatuan bangsa.

“Pada era digitalisasi, isu-isu radikalisme dan penyebaran berita bohong, hoaks, melalui teknologi informasi berpotensi untuk memecah persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Deni saat Sosialisasi Wawasan Kebangsaan di Aula DPC PDIP Magetan, Sabtu (27/11/2021).

Anggota Komisi E DPRD Jatim ini menerangkan, ideologi Pancasila sangat penting terus digaungkan untuk masyarakat saat ini, terlebih untuk generasi muda. Hal ini untuk menghindari masuknya paham – paham radikal yang dianggap dapat melemahkan ideologi Pancasila.

“Generasi muda kita saat ini sangat rentan terhadap paham – paham radikal, karena informasi yang simpang siur dapat dengan mudah diperoleh di era digital,” beber Deni.

Deni menegaskan paham radikal saat ini sudah mulai menyusupi segala lini masyarakat di Indonesia, karena masuknya bisa melalui pemahaman agama yang kurang tepat oleh sebagian pemuka agama. Apalagi di era digital, akses informasi dan berita bohong semakin mudah diperoleh. Oleh karena itu, paham radikal ini dapat berkembang pesat dan cepat di Indonesia.

“Untuk itu masyarakat harus menggunakan akal sehat kita, untuk memilih informasi yang masuk, agar terhindar dari pemahaman yang salah,” imbaunya.

Deni dihadapan ratusan struktur partai dan seluruh anggota PAC se-Kabupaten Magetan meminta kader dan struktur PDIP menjadi garda terdepan mengawal Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika dari paham radikalisme. “Saya ingin membangkitkan semangat nasionalisme, khususnya untuk kader PDIP kalian harus menjadi garda terdepan untuk menangkal paham radikalisme,” pungkasnya.(asg/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati

Unik dan Lucu, Lomba Sugar Glider di Surabaya

Aryo Seno Bicara Organisasi Sayap PDI Perjuangan