Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Tekan Pengangguran, Pemkab Gresik Perbanyak Pelatihan Keterampilan Pencari Kerja

Gresik (beritajatim.com) – Angka pengangguran di Kabupaten Gresik saat ini masih cukup tinggi. Data terkini, 8 persen dari 1,31 juta jiwa populasi Gresik tergolong pengangguran.

Dinas Tenaga Kerja Gresik berupaya keras agar angka ini dapat ditekan. Sejumlah langkah dijalankan, salah satunya dengan memperbanyak program pelatihan ketrampilan yang ditujukan bagi para pencari kerja.

Masih tingginya angka pengangguran di Kabupaten Gresik yang mencapai 8 persen dari 1,31 juta penduduk, membuat Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) setempat memutar otak bagaimana menekan laju pengangguran.

Kepala Disnaker Gresik, Budi Raharjo, menyatakan tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan keterampilan bagi kelompok pencari kerja. Diharapkan para pencari kerja tersebut dapat lebih kompeten sehingga siap bersaing di dunia kerja.

“Sasaran dari kegiatan ini ialah pencari kerja, tenaga kerja yang ditingkatkan kompetensi dan keterampilanya agar siap masuk di sektor industri,” tutur Budi, Rabu (22/6/2022).

Upaya tersebut dijalankan dalam tiga kategori. Pertama, membuka
pemagangan dalam negeri melalui pembinaan dan pelatihan vokasi Kementrian Tenaga Kerja (Kemnaker).

Kedua, membuka pelatihan keterampilan bagi pencari kerja UPT BLK Disnaker Gresik. Ketiga, membuka pelatihan kompetensi dan pemagangan kejuruan ahli K3 Umum.

Sementara itu, Wabup Gresik, Aminatun Habibah, meminta para peserta agar memanfaatkan materi pelatihan. Diharapkan para peserta mampu mengembangkan kemampuan diri sesuai bidangnya.

“Pelatihan seperti ini berdampak pada pengurangan angka pengangguran di Gresik. Saya juga meminta agar Disnaker membuat semacam database untuk mendata para peserta yang telah mengikuti pelatihan,” ujarnya.

Adanya data base itu lanjut dia, bisa menjadi bahan pertimbangan terhadap para peserta yang sudah dididik oleh Disnaker untuk dapat diterima di perusahaan-perusahaan di Gresik. Sehingga, angka pengangguran dapat ditekan dan berkurang. (dny/beq)


Apa Reaksi Anda?

Komentar