Politik Pemerintahan

Tekan Covid-19, Mobil Dinas Disulap Jadi Mobil Penegakan Protokol Kesehatan

Gresik (beritajatim.com) – Masih tingginya penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Gresik, membuat forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) setempat mengerahkan puluhan mobil dinas. Mobil berplat merah tersebut disulap menjadi mobil pelaksanaan penegakan disiplin protokol kesehatan.

Mobil itu nantinya ditempatkan di sejumlah desa dilengkapi dengan sepasang pengeras suara dan sirine. Masing-masing kendaraan tersebut juga ditempeli tiga buah stiker yang bertuliskan ‘Melaksanakan Disiplin Protocol Kesehatan adalah Vaksin Covid-19’ di pintu samping kanan dan kiri serta kaca bagian belakang mobil.

Sebelum diluncurkan ke desa-desa, sejumlah Forkopimda seperti Dandim 0817 Gresik Letkol Budi Handoko, Kapolres AKBP Arief Fitrianto memantau langsung keberadaan mobil dinas itu.

Mobil berplat merah yang akan digunakan keliling dari desa ke desa, selama ini dipakai sebagai kendaraan operasional para Kepala OPD setingkat eselon II. Kemudian mobil-mobil ini ditarik dan dibagikan kepada masing-masing kecamatan yang ada di Gresik daratan.

“Mobil ini kami pinjamkan ke kecamatan untuk keliling di desa-desa. Mobil ini dipergunakan untuk menggebrak semangat para pejuang Covid-19 dan sosialisasi serta penegakan disiplin protocol kesehatan di seluruh desa di Gresik. Kami target sehari bisa melaksanakan keliling di tiga desa,” ujar Bupati Sambari Halim Radianto, Senin (29/06/2020).

Terkait dengan ini, Sambari malah optimis bila pada akhir Juli 2020 nanti kasus Covid-19 di Gresik mengalami penurunan atau bahkan sudah tidak ada lagi. “Kami siap mobil-mobil ini diberikan ke kecamatan. Yang penting mobil tersebut bisa dipinjam pakai,” ungkapnya.

Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto mengingatkan lagi tentang target dua minggu tersebut yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi. “Semua fasilitas, sarana dan prasaran sudah disiapkan bupati. Jadi semua harus ikut menegakkan Perbup nomor 22 tahun 2020,” pungkasnya. [dny/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar