Politik Pemerintahan

Polemik Adi Sutarwijono Pimpin PDIP Surabaya

Taruna Merah Putih Jatim: Demokrasi Harus Terpimpin, Jangan Liar Bergerak Sendiri

Surabaya (beritajatim.com) – Ketua Taruna Merah Putih (TMP) Jatim Mochamad Nur Arifin ikut buka suara terkait dinamika politik yang terjadi di Konfercab PDIP Kota Surabaya dan Kota Pasuruan. Beberapa PAC melakukan aksi keprihatinan menyikapi rekomendasi DPP PDIP atas penunjukan ketua DPC yang baru.

“Itu dinamika organisasi. Tapi, yang perlu kita ingat bahwa founding father dari partai ini ruhnya ada di pemikiran Bung Karno. Bung Karno itu kan mencita-citakan yang namanya demokrasi terpimpin. Untuk menjaga kesatuan dan kesolidan itu ya memang demokrasinya nggak boleh liar, yang di bawah bergerak sendiri. Tapi harus ada direction juga dari atas, komando dan perintah serta strategi, garisnya bisa tegak lurus,” tegasnya kepada beritajatim.com.

Selain itu, menurut politisi muda akrab dipanggil Mas Ipin yang juga Bupati Trenggalek ini, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara secara tidak sadar juga dalam rangka demokrasi terpimpin. “Demokrasi tapi dipimpin nilai-nilai Pancasila. Kira-kira begitulah,” tuturnya.

Dia menyarankan agar kedua belah pihak, baik pengurus DPC lama dan pengurus yang baru bisa bertemu dan melakukan komunikasi yang baik. “Ya dikomunikasikan saja, apa keberatannya dengan cara yang baik, jangan perang di media. Ini kan sebenarnya urusan rumah tangga partai, selesaikan secara rumah tangga. Ibaratnya kita bertengkar sama istri, masak curhatnya sama Pak RT dan tetangga. Dibicarakan yang baik di internal partai,” pungkas Mas Ipin yang juga Ketua DPC PDIP Kabupaten Trenggalek hasil Konfercab Serentak ini. (tok/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar