Politik Pemerintahan

Tanpa Interupsi, KPU Gresik Gelar Rekapitulasi Surat Suara

Gresik (beritajatim.com) – Tanpa ada interupsi dari para saksi masing-masing parpol, dan caleg, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik mulai menggelar rekapitulasi surat suara tingkat kabupaten.

KPU menargetkan penghitungan akan berjalan selama tiga hari ke depan. Lembaga penyelenggara pemilu itu berharap dalam penghitungan tidak ada persoalan yang menghambat. Sehingga, penghitungan bisa berjalan dengan lancar.

Pantauan di lapangan, penghitungan rekapitulasi surat suara diadakan di salah satu hotel berbintang. Bahkan,untuk mengamankan penghitungan surat suara tersebut, puluhan personil gabungan Polri dan TNI berjaga-jaga di tempat penghitungan suara.

Pengamanan terlihat mulai pintu masuk, sampai ke ruang rekapitulasi. Tujuanya, rekapitulasi bisa berjalan dengan lancar tanpa ada kendala.

Ketua KPU Gresik Ahmad Rony mengaku optimis penghitungan suara di tingkat kabupaten akan selesai sebelum waktu yang diberikan habis. Pihaknya sudah melakukan estimasi perhitungan bisa selesai dalam waktu 3 hari. “Kami usahakan tiga hari selesai. Jadi pada 1 Mei hasil rekapitulasi sudah tuntas,” ujarnya, Senin (29/4/2019).

Sesuai jadwal yang diberikan, rekapitulasi tingkat kabupaten dan kota mulai 20 April lalu hingga 7 Mei mendatang. Namun, KPU Gresik memilih memulai rekapitulasi pada 29 April. Sehingga ada sisa waktu untuk membenahi jika ada kesalahan dalam penghitungan.

Saat ini agenda yang dilakukan adalah membacakan formulir DA1 dari masing-masing kecamatan. Formulir tersebut meliputi, surat suara dari pemilihan presiden (pilpres) hingga DPRD tingkat provinsi dan kabupaten. “Memang belum ada yang keberatan, tapi kita pastikan data itu benar,” tandasnya. [dny/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar