Politik Pemerintahan

Tangani Covid-19, Pemkot Mojokerto Siapkan Anggaran Rp21 Miliar

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari. [Foto: misti/bj.com]

Mojokerto (beritajatim.com) – Pemkot Mojokerto menyiapkan anggaran tak terduga sebesar Rp21 miliar untuk melakukan antisipasi penyebaran virus corona (Covid-19). Anggaran sebesar itu dibagi dalam tiga pos pemetaan yakni Dinas Kesehatan (Dinkes), RSUD dan Dinas Sosial (Dinsos).

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari mengatakan, hingga hari ini pihaknya sudah melakukan pemetaan. “Mulai dari kegiatan perencanaan sampai dengan nanti pemulihan. Kurang lebih anggaran tak terduga yang kita siapkan sebesar Rp21 miliar,” ungkapnya, Jumat (3/4/2020).

Masih kata Ning Ita (sapaan akrab), pemetaan rencana kebutuhan belanja pencegahan, penanganan dan pemulihan Covid-19 tersebut dibagi menjadi tiga pos. Yakni Dinkes sebesar Rp4.100.147.355, RSUD sebesar Rp5.450.640.800 dan Dinsos sebesar Rp12.050.000.000.

“Pemkot juga terus bersinergi dengan pihak kepolisian dalam menyediakan puluhan pos-pos skrining maupun bilik disinfektan. Yakni di masing-masing kelurahan serta titik-titik pintu masuk pemudik. Seperti terminal, stasiun dan pintu tol dan fungsi gugus tugas masing-masing sudah jalan semua,” terangnya.

Pemkot Mojokerto akan terus mengupdate perkembangan jumlah Orang Dalam Resiko (ODR), Orang Dalam Pemantau (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) maupun positif corona di Kota Mojokerto setiap harinya. Perkembangan data tersebut, langsung dikelola Command Center Polresta Mojokerto.

“Posko tidak lagi di Pemkot tapi sekarang di Polresta Mojokerto yang dikelola Command Center Polresta Mojokerto dan akan ada update setiap pukul 18.00 WIB. Untuk laporan hirarki ke atas. Ke depan, kita akan menerapkan PSSB (Pembatasan Sosial Skala Besar) berdasarkan instruksi Presiden,” tegasnya.

Wali Kota perempuan pertama di Kota Mojokerto ini menghimbau warga Kota Mojokerto untuk tetap ada di dalam Kota Mojokerto. Begitu juga warga bukan Kota Mojokerto yang selama ini tinggal di Kota Mojokerto harus tetap di Kota Mojokerto dan tidak diperbolehkan mudik lebaran. [tin/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar