Politik Pemerintahan

Takkan Layani Hoaks Terus, Bupati Jember: Biar Polisi Bertindak

Jember (beritajatim.com) – Bupati Hendy Siswanto meminta masyarakat Kabupaten Jember, Jawa Timur agar tidak menyebar dan menelan informasi hoaks pada masa pandemi Covid. Informasi hoaks soal Covid sempat dua kali muncul, yakni informasi soal anjuran lepas masker dan penelantaran jenazah di pinggir jalan.

“Tidak mungkin kami menghadang semua info hoaks itu, karena mereka bebas tinggal pencet ponsel masing-masing,” kata Bupati Hendy.

Hendy mengingatkan bahwa para tenaga kesehatan sedang bekerja menyelamatkan dan melindungi nyawa manusia. “Kami minta tolong masyarakat, jangan main-main dengan hoaks, karena ini urusan nyawa manusia. Kalau tidak kena diri sendiri, kena orang lain. Ini kegiatan bukan kegiatan sederhana, tapi kegiatan berisiko tinggi,” katanya.

Hendy tidak akan melayani informasi hoaks terus-menerus. “Kami akan melayani informasi yang benar kepada masyarakat. Hoaks ada di tangan masing-masing. Kalau punya niat tidak baik, siapa yang akan melayani. Kalau ada hoaks, kami akan laporkan polisi, biar polisi yang menindak itu,” katanya.

Hendy mengatakan, Dinas Komunikasi dan Informatika Jember bertugas menjawab isu-isu hoaks dan memberikan penjelasan yang benar. Namun tim di dinas ini masih baru. “Kami terus update tiap hari. Memang ada (isu) macam-macam, sudah tugas Kominfo meng-counter itu. Tapi intinya kami juga berharap kepada masyarakat,” katanya. [wir/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar