Politik Pemerintahan

Tak Lolos Daftar Bakal Calon Kades, Mat Tinggal Wadul ke Dewan

Bakal Calon Kepala Desa dengan didampinggi P2KD datangi Komisi I DPRD Sampang

Sampang (beritajatim.com) – Merasa dirugikan saat melakukan pendaftaran sebagai Bakal Calon Kepala (Cakades) di Desa Pangung, Kecamatan/Kabupaten Sampang, Mat tinggal wadul ke Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat.

Tak hanya itu, tiga orang Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) setempat, ikut mendampinggi Mat tinggal dan menceritakan kronologis dirinya tidak lolos mendaftar. Penyebabnya, nama orang tua tidak sama antara yang tertulis pada ijazah dan akta kelahiran. Dengan alasan itu, berkas Mat tinggal dinyatakan cacat.

“Berkas yang saya pakai sekarang ini pernah saya pakai pada pencalonan dua kali sebelumnya, dan seharusnya pihak panitia memberikan waktu untuk melakukan perbaikan. Ditambah, tidak ada sosialisasi Peraturan Bupati (Perbub) sebelumnya,” kata Mat tinggal usai menemui Komisi I DPRD Sampang, Kamis (24/10/2019).

Menangapi adanya keluhan itu, Sairofi Ketua Komisi I DPRD Sampang, dengan tegas akan merekomendasikan untuk melakukan pemangilan DPMD, Ketua P2KD Desa Pangung, Tim Independen guna mengklarifikasi permasalahan proses tahapan penjaringan bakal calon kepala desa yang menuai protes tersebut.

“Permasalahan tahapan pendaftaran bakal calon kepala desa ini tidak hanya terjadi di Desa Pangung, tapi ada sejumlah desa lainya yang juga bermasalah. Oleh sebab itu kami akan segera memanggil pihak-pihak terkait agar pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Sampang berjalan lancar,” janjinya. [sar/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar