Politik Pemerintahan

Tak Didukung APBD, Kantor FKUB Jember Rusak 

Jember (beritajatim.com) – Kantor Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) di Jalan Nusantara, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur, mengalami kerusakan, menyusul tak adanya biaya perawatan dari APBD setempat.
Ketua FKUB Jembet Muis Sonhaji mengatakan, asbes tempat parkir bocor dan atap eternit rusak. “Kami memang belum punya anggaran untuk perbaikan kesekretariatan,” katanya, Kamis (24/1/2019).
Setelah dibongkar, sejumlah asbes pecah dan kayu lapuk terkena air. Pengurus FKUB akhirnya patungan. “Insyaallah sementara cukup untuk memperbaiki kebocoran yang ada,” kata Muis.
Muis mengatakan, selama bertahun-tahun sejak 2015, FKUB sudah tak mendapat anggaran dari APBD Jember. “Padahal tahun-tahun sebelumnya, kami mendapat anggaran Rp 100 juta,” katanya.
Akhirnya, untuk menopang kegiatan, FKUB sering bergabung dengan kegiatan masing-masing umat beragama dan kegiatan kepolisian resor setempat. “Harapan kami ada dukungan anggaran dari pemerintah daerah, karena sesuai Surat Keputusan Bersama Dua Menteri, kegiatan FKUB dibiayai APBD,” kata Muis.
Muis mengingatkan, situasi kerukunan umat beragama di Jember sangat dinamis. “Perlu sering diadakan dialog, musyawarah agar dinamisasi tersebut tidak mengarah ke destruktif,” katanya.  [wir/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar