Politik Pemerintahan

Tak Ada Gugatan ke MK

Penetapan Caleg Terpilih DPRD Sumenep Tunggu Buku Register Perkara Konstitusi

Sumenep (beritajatim.com) – Penetapan perolehan kursi dan Calon Legislatif (Caleg) terpilih hasil Pemilu 2019 untuk Kabupaten Sumenep melalui rapat Pleno KPU setempat, gagal digelar Kamis (4/7/2019).

“Rencananya kami memang menggelar pleno penetapan caleg terpilih itu pada hari ini. Namun rencana itu gagal karena kami masih harus menunggu Buku Register Perkara Konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Konstitusi (MK) untuk dijadikan dasar penetapan kursi dan caleg terpilih itu,” kata Komisioner KPU Sumenep, Rafiqi.

Ia mengatakan, KPU Sumenep belum bisa menjadwal ulang pelaksanaan rapat pleno penetapan perolehan kursi dan Caleg hasil pemilu 2019, karena masih harus menunggu instruksi dari KPU RI.

“Meski untuk Sumenep tidak ada gugatan ke MK, tetapi hingga saat ini kami belum bisa menentukan kapan rapat pleno penetapan Caleg terpilih itu akan digelar. Karena KPU Kabupaten dan KPU Provinsi tetap harus menunggu instruksi KPU pusat,” ujarnya.

Namun menurutnya, KPU Sumenep telah mempersiapkan segala kebutuhan terkait pelaksanaan rapat pleno penetapan perolehan kursi dan calon terpilih DPRD tersebut. “Jadi begitu kami menerima surat dari MK, maka rapat pleno bisa langsung dijadwalkan pelaksanaannya. Kalau persiapannya sudah tuntas. Tinggal pelaksanaan saja,” tandasnya. [tem/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar