Politik Pemerintahan

Tahun Depan, Pemkab Ponorogo Target 2 Kantor Kecamatan Baru Terbangun

Sekda Agus Pramono. (Foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Pemkab Ponorogo menarget akhir tahun ini seluruh persyaratan administrasi terkait pemekaran dua kecamatan akan rampung. Dua kecamatan itu adalah Kecamatan Sumberejo dan Kota Lama. Kecamatan Sumberejo mencangkup beberapa desa di Jambon, Balong, dan Slahung. Sedangkan Kota Lama meliputi beberapa kelurahan dan desa di Ponorogo, Babadan, Siman, dan Jenangan.

“Persyaratan administrasi akan diselesaikan tahun ini. Rancangan peraturan daerah (raperda) pemekaran kedua kecamatan tersebut sudah dibahas bersama DPRD dan kini telah difasilitasi gubernur,” kata Sekda Agus Pramono, Selasa (15/9/2020).

Agus mengklaim persyaratan jumlah penduduk sudah terpenuhi. Jumlah penduduk di Sumberejo dan Kota Lama masing-masing sekitar 51 ribu. Itu sudah memenuhi persyaratan yang ditetapkan pemerintah pusat. Dia menyebut pihaknya berencana menganggarkan pembangunan komplek perkantoran di dua kecamatan baru tersebut pada tahun depan. “Harapannya tahun 2021 sudah mulai dibangun kantor kecamatannya,” katanya.

Untuk tanah atau lahan untuk pembangunan, kata Agus baik di Sumberejo maupun Kota Lama sudah tersedia. Pembangunan kantor kecamatan baru ini, rencananya akan dianggarkan masing-masing sekitar Rp 2,5 miliar. Pembangunannya pun akan berkala. Jika pada tahun depan merencanakan pembangunan kantor kecamatan. Tahun 2022 dilanjutkan pembangunan sarana dan prasarana umum lainnya. Seperti puskesmas, polsek, koramil dan lainnya. “Pembangunan akan berlanjut ke tahun 2022, untuk membangun puskesmas, polsek, dan koramil,” pungkasnya. (end/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar