Politik Pemerintahan

Tahun 2019, Desa di Kabupaten Malang Terkoneksi Internet

Ferry Hari Agung,Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Malang

Malang (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Malang menargetkan, semua desa dapat terkoneksi dengan internet.

Hal itu disampaikan Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Malang, yang juga sebagai Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas setempat, Ferry Hari Agung. Kata Ferry, saat ini pihaknya sedang bekerja keras untuk mengupayakan semua desa di Kabupaten Malang sudah terkoneksi dengan internet.

“Di Kabupaten Malang ada 378 Desa dan 12 Kelurahan. Tapi, yang sudah terkonek dengan internet ada 335 desa,” ungkap Ferry.

Kata dia, untuk desa yang belum terkoneksi dengan internet ada sebanyak 43 desa, diharapkan desa yang belum memiliki akses internet ditahun ini dapat terkoneksi dengan internet.

 

“Untuk desa yang belum diharapkan mempunyai akses ke internet, entah itu secara berlangangan atau dengan cara lain dengan menggunakan anggaran dari Alokasi Dana Desa/Dana Desa (ADD/DD). Namun jika dilihat dari kondisi geografis Kabupaten Malang yang sangat luas dengan kontur yang bergunung dan berbukit, ini merupakan salah satu kendala kami,” jelasnya.

Ferry melanjutkan, berdasarkan data yang ada, di Kabupaten Malang belum semua wilayah yang ada bisa menikmati akses layanan internet. Jika ada terkadang kekuatan jaringan internetnya lemah (lemot), karena kondisi suatu wilayah mempengaruhi kecepatan aksesnya.

“Saat ini kita berencana untuk menambah pasokan band witch yang akan digunakan sebagai back up. Untuk wilayah Kabupaten Malang yang tercover jaringan internet baru 80 persen. Kita telah meminta kepada pihak-pihak provider agar menambah luas jaringan mereka, tapi kita juga tidak bisa memaksa, karena ini berkaitan erat dengan pasar yang ada,” pungkasnya. (yog/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar