Politik Pemerintahan

Tahapan Pilkades Serentak di Sampang Dimulai 17 Juni

Chalillurrahman Plt Kadis DPMD Sampang

Sampang (beritajatim.com) – Pertanyaan warga Sampang tentang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak dua belas hari lagi akan terjawab. Pasalnya, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) berjanji akan melaksanakan sosialisasi tentang Peraturan Bupati (Perbup) Pilkades serentak yang sebelumnya telah dikonsultasikan dengan biro hukum Provinsi dan DPMD Provinsi Jawa Timur.

“Dalam waktu dekat akan segera disampaikan dan diundangkan mengenai Perbup Pilkades serentak,” janji Chalillurahman, Plt Kadis DPMD beberapa waktu lalu saat rapat dengan komisi 1 DPRD Sampang.

Pria yang akrab disapa Rahman ini juga menambahkan, sesuai dengan berakhirnya masa jabatan kepala desa (Kades) yang jatuh pada 17 Desember 2021 mendatang. Maka tahapan Pilkades serentak dihitung mundur yakni sekitar 17 Juni 2021.

“Insya Allah Juni ini tahapan bisa dilaksanakan, tetapi menunggu apa hasil Perbup itu yang nantinya akan disosialisasikan,” jelasnya.

Disingung mengenai anggaran, Rahman tidak bisa memberikan penjelasan secara rinci karena semua tergantung kebijakan pimpinan.

“Untuk anggarannya sendiri dibutuhkan sekitar Rp 40 Milyar dan saat ini masih dalam proses pengkajian,” imbuhnya.

Sekadar diketahui, pelaksanaan Pilkades seretak di Kabupaten Sampang, rencananya akan diikuti oleh 111 desa dari total desa 180. [sar/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar