Politik Pemerintahan

Tahapan Pilkada Ponorogo Dimulai Bulan Ini

Munajat Ketua KPU Ponorogo(foto : Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Pada bulan September ini, KPU Ponorogo akan melaksanakan tahapan pilkada. Meski hingga kini KPU dan pemkab masih belum sepakat untuk nominal hibah dana pilkada 2020, namun Ketua KPU Ponorogo optimis kedua belah pihak akan segera mencapai kata sepakat terkait nominal hibah dana pilkada tersebut.

“Saya yakin, beberapa pekan ke depan, naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) baru dapat segera ditandatangani,” kata Munajat, Senin (9/9/2019).

Munajat mengungkapkan, tahapan pilkada bakal dimulai 21-24 September mendatang. Launching dilaksanakan secara serentak dengan banyak daerah lain. Setelah itu, tahapan dilanjutkan dengan sosialisasi yang segera dimulai November hingga Desember mendatang. “Sosialisasi nanti menyasar berbagai kalangan. Mulai dari partai politik, hingga masyarakat umum dan berbagai stakeholder,” katanya.

Dia menyebut jika tahapan untuk calon perseorangan juga dimulai saat itu. Khusus untuk calon perseorangan memang lebih awal, Munajat beralasan karena harus ada verifikasi dukungan yang tentunya memakan waktu. Pengumpulan berkas saja akan menghabiskan waktu hingga Januari tahun depan. “Setelah itu juga masih ada verifikasi lagi sebelum lanjut ke tahapan berikutnya,” ungkapnya.

Munajat menambahkan secara umum tidak ada perbedaan tahapan jika dibanding pilkada sebelumnya. Dasar acuannya yakni surat edaran (SE) KPU RI terkait rambu penyelenggaraan pilkada 2020. Untuk pemungutan suaranya rencananya di September 2020. “Jadi bulan ini tepat satu tahun menuju pilkada,” pungkasnya.(end/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar