Politik Pemerintahan

Tahapan Pilkada Ponorogo Dilanjutkan Lagi

Ketua KPU Ponorogo Munajat [Foto/dok.beritajatim.com]

Ponorogo (beritajatim.com) – KPU Ponorogo saat ini tengah menunggu petunjuk tertulis dari KPU Pusat perihal tanggal pasti penyelenggaraan Pilkada serentak. Namun, dari beberapa rapat koordinasi dengan Provinsi dan Pusat, Pilkada serentak dilakukan pada tanggal 9 Desember 2020.

“Dari rapat dengar pendapat antara Pemerintah, KPU dan DPR memang disetujui Pilkada serentak tanggal 9 Desember. Namun, KPU belum menerbitkan peraturan terkait itu,” kata Ketua KPU Ponorogo Munajat, Jumat (5/6/2020).

Belum lama ini, Munajat mengikuti rapat dengan KPU Jatim. Dalam rapat tersebut, membahas perencanaan Pilkada serentak. Daerah diminta bersiap memulai lagi tahapan-tahapan yang selama ini tertunda Covid-19. Yakni dengan pembentukan  badan ad-hoc dan pemutakhiran data pemilih.

Supaya pemungutan suara dapat diselenggarakan pada tanggal 9 Desember, KPU mengisyaratkan seluruh tahapan akan dimulai pada tanggal 15 Juni ini. Maka dari itu, Munajat memperkirakan dalam waktu dekat PKPU terkait Pilkada akan segera terbit.

“Jika Pilkada serentak 9 Desember, idealnya tahapan-tahapannya dimulai pada tanggal 15 Juni 2020,” katanya.

Jika seperti itu, Munajat menyebut pihaknya siap melaksanakan lagi tahapan yang tertunda akibat pandemi Covid-19. Yang segera bisa dilakukan seperti melantik beberapa PPS yang dulu belum sempat dilantik dan pengaktifan kembali PPK. Serta melakukan pemutakhiran data pemilih, melalui pencocokan dan penelitian (coklit).

“Jadi kami masih menunggu petunjuk dari KPU Pusat, sebab tahapan yang dilalui nantinya pasti disesuaikan dengan situasi dan kondisi pandemi Covid-19 yang masih melanda negeri ini,” pungkas Munajat. (end/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar