Politik Pemerintahan

Tahapan Pilkada di Kabupaten Mojokerto Tetap Sesuai Jadwal

Mojokerto (beritajatim.com) – Meski Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Wahyu Setiawan (WSE) ditetapkan sebagai tersangka penerima suap terkait penetapan anggota DPR-RI periode 2019-2024 oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), namun tidak berimbas di KPU Kabupaten Mojokerto.

Hal tersebut disampaikan Ketua KPU Kabupaten Mojokerto Muslim Bukhori. “Sebenarnya sedikit kaget ketika membaca berita, ada berita semacam itu. Imbasnya tidak ada, untuk tahapan pilkada tetap berjalan sesuai dengan jadwal di PKPU 16,” ungkapnya, Sabtu (11/1/2020).

Setiap apel dan rapat, masih kata Muslim, pihaknya menghimbau kepada anggota maupun staf di KPU Kabupaten Mojokerto untuk menjaga netralitasnya sehingga marwah KPU tetap terjaga. Menyusul saat ini, Pilkada Mojokerto masuk tahapan sehingga diharapkan semuanya harus menjaga integritasnya.

“Anggota komisioner sejak awal masuk dan dilantik, kita sudah ada tanda tangan fakta integritas. Itu sebagai janji kita untuk negara, agar tetap menjaga dan menyelenggarakan pemilu dengan integritas, jujur dan adil. Kita saling mengingatkan dan penyelenggaraan tidak hanya KPU saja, ada Bawaslu dan Dewan Kehormatan,” ujarnya.

Muslim menjelaskan, Dewan Kehormatan yang menindak kode etik penyelenggara pemilu terkait kasus yang menyeret Wahyu ditetapkan sebagai tersangka bersama Agustiani Tio Fridelina (ATF) yang merupakan mantan anggota Badan Pengawas Pemilu sekaligus orang kepercayaan Wahyu.

“Di PKPU sudah dijelaskan jika ada semacam itu (OTT KPK, red), sanksinya pasti dicopot tapi akan tetap menunggu sampai ada kekuatan hukum tetap. Apapun kasusnya. Di PKPU sanksi juga melihat macam-macam kasusnya tapi kalau seperti ini (OTT KPK, red) sudah bisa dikatakan fatal karena menyangkut fakta intergritas,” urainya.

Menurutnya, saat ini Pilkada Mojokerto dalam tahapan pendaftaran calon pasangan independen. Untuk mendaftar sebagai calon independen, harus mengantongi 62.338 dukungan yang dicetak dalam bentuk B1 dan diupload di web Sistem Informasi Pencalonan (Silom).[tin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar