Politik Pemerintahan

Tahapan Pilkada 2020 Dimulai, Panwaslu Se-Jatim Aktif Lagi

Surabaya (beritajatim.com) – Pengawas Ad Hoc se-Jawa Timur kembali diaktifkan sejak 14 Juni 2020. Mengingat bahwa tahapan Pilkada lanjutan sudah dimulai pada 15 Juni 2020.

Setidaknya 1.158 Panwascam dan 4.789 Panwaslu Desa dan Kelurahan di 19 Kabupaten/Kota yang Pilkada di Jawa Timur akan kembali bekerja.

“Selamat kembali bekerja untuk mengawasi Pilkada 2020. Bekerja untuk mengawasi tahapan dengan sebaik-baiknya dengan tetap terus menjaga keselamatan dan kesehatan”, tutur Ketua Bawaslu Jatim Moh. Amin via online seperti tercantuim dalam web bawaslu jatim, Senin (15/6/2020).

Pria asal Sumenep ini sebelumnya, pada Sabtu Sore (13/06) sudah memberikan arahan agar 19 Kabupaten/Kota sudah mulai menyiapkan diri mengaktifkan pengawas ad hoc yang sebelumnya di nonaktifkan. Persiapan itu menurut Amin meliputi tentang keterpenuhan syarat dari Panwaslu ad hoc.

“Dilihat lagi apakah siap untuk bekerja penuh waktu mengawasi Pilkada lanjutan dan juga dipastikan agar benar-benar masih cukup syarat secara administratif”, terang Amin via daring.

Sebagai informasi, pengawas ad hoc dalam waktu dekat akan bekerja untuk mengawasi pemutakhiran data pemilih. Khusus untuk daerah yang terdapat calon perseorangan, maka pengawas ad hoc akan terlibat dalam verifikasi faktual dukungan calon perseorangan.(ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar