Politik Pemerintahan

Tagar #SaveKyaiMuqit Ramaikan Medsos Warga Jember

Jember (beritajatim.com) – Tanda pagar (tagar) #SaveKyaiMuqit muncul di sejumlah akun media sosial milik warga Kabupaten Jember, Jawa Timur, Rabu (16/12/2020). Kyai Muqit adalah sebutan untuk Wakil Bupati Abdul Muqiet Arief.

Tak hanya tagar itu. Bermunculan pula foto dengan tulisan ‘Kami Bersama Kiai Muqiet’. Bahkan, sejumlah kelompok masyarakat akan menunjukkan dukungan untuk Muqiet, Kamis (17/12/2020). Mereka bakal mendatangi kantor Pemerintah Kabupaten Jember, Kejaksaan Negeri Jember, dan DPRD Jember.

“Kami silaturahmi menanyakan kepada Kiai Muqiet, apakah benar beliau diintervensi oleh beberapa aparatur sipil negara Pemkab Jember. Kami juga menanyakan kepada jaksa, apakah benar bahwa Kiai Muqiet diinterogasi. Di DPRD Jember, kami mengeluh kepada wakil rakyat, bahwa kami tidak terima Kiai Muqiet diintervensi beberapa ASN,” kata Jumadi Made, salah satu pendukung Muqiet.

Aksi tersebut tak lepas dari menghangatnya situasi politik, menyusul langkah Muqiet melaksanakan rekomendasi Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian soal pembenahan KSOTK Kedudukan Susunan dan Organisasi Tata Kerja (KSOTK), November lalu. Konsekuensinya ada ratusan orang pejabat yang dikembalikan posisinya pada jabatan sebelum mutasi 3 Januari 2018.

Bupati Faida dan Muqiet sempat mendatangi kantor Kejaksaan Negeri Jember, Jawa Timur, Senin (14/12/2020) sore kemarin. Kedatangan mereka memunculkan spekulasi di media sosial selama tiga hari terakhir, terutama dugaan adanya pemeriksaan Muqiet oleh jaksa terkait KSOTK. Namun spekulasi ini sudah dibantah Kepala Kejaksaan Prima Idwan Mariza. “Kami hanya memberikan legal opinion,” katanya. [wir/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar