Politik Pemerintahan

Tagana Jember: Kedatangan Bu Risma Bawa Semangat Baru Bagi Kami

Jember (beritajatim.com) – Kedatangan Menteri Sosial Tri Rismaharini ke posko kebencanaan dan dapur umum di Desa Wonoasri, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Senin (18/1/2021) menumbuhkan aura positif di tengah relawan yang membantu korban banjir.

Begitu datang, Risma yang didampingi Bupati Faida ini langsung mengecek situasi dan bertanya soal menu yang dimasak hari ini. Ia juga bertanya soal jumlah nasi bungkus yang dimasak untuk korban banjir. Ia lalu menyerahkan bantuan antara lain berupa pakaian anak-anak, peralatan masak, kasur, selimut, dan makanan bayi.

“Dampak Bu Mensos ke sini membawa energi positif dan semangat baru bagi teman-teman yang sudah bertugas kurang lebih lima hari di sini. Harapannya, kami selalu didukung jiwa dan raga serta material untuk menangani bencana. Intinya lebih diperhatikan lagi,” kata Koordinator Tagana Jember Rudi Dwi Wanto.

Rudi memperkirakan dapur umum masih bakal dibuka hingga dua hari ke depan. Saat ini warga sudah pulang dari posko pengungsian di balai desa ke rumah masing-masing. Namun, jika melihat cuaca, ada kemungkinan dapur umum tetap dibuka hingga benar-benar tak ada lagi banjir. “Ini mendung lagi. Kalau melihat cuacanya, kemungkinan untuk banjir walau tak seluas kemarin masih ada,” katanya.

Jika banjir terjadi dan air naik masuk ke pemukiman, warga tentu akan kembali dievakuasi ke posko pengungsian. Banjir di kawasan Wonoasri adalah kiriman dari Sungai Gladak Putih yang berada di kawasan Curahnongko, Kecamatan Tempurejo. Air sungai meluber ke jalanan dan permukiman warga. Genangan air lupannya mencapai satu meter sehingga warga tidak dapat beraktivitas seperti biasanya seperti memasak dan mencuci karena sumur warga juga terendam banjir.

Terakhir Tagana Jember mencatat, jumlah korban bencana di Tempurejo mencapai empat ribu orang. “Penyintas terdampak setelah ditambah dengan warga di Bandealit yang terisolasi karena longsor menjad empat ribu orang,” kata Sekretaris Tagana Jember Nur Kholis. [wir/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Coba Yuk, Snack Berlumur Saus Hummus

Rela Tinggalkan Dokter Spesialis

Ngobrol dengan Komunitas Berbagi di Surabaya