Politik Pemerintahan

Tabrak Aturan, Baliho Bakal Calon Bupati Tuban Ditertibkan

Tuban (beritajatim.com) – Karena menabrak aturan, sejumlah baliho bakal calon Bupati Tuban ditertibkan, Senin (6/1/2020). Penertiban itu dilakukan petugas gabungan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bersama dengan Kesbangpol.

Penertiban itu dilakukan setelah petugas gabungan mendapat laporan dari masyarakat. Mereka merasa dirugikan dengan titik pemasangan baliho tersebut. Pasalnya keberadaan gambar kandidat itu menutupi baliho iklan yang telah resmi membayar retribusi dan telah memiliki izin resmi.

Titik pemasangan baliho tersebut di perempatan Jalan Pramuka, Kota Tuban. “Pemasangan baliho ini sangat merugikan kami, karena menutupi iklan resmi milik kami. Akhirnya tadi saya lapor ke Kesbangpol,” ujar Erik, selaku SPV Marketing Granada Properti saat menyaksikan penertiban.

Dengan adanya laporan tersebut, pihak Kesbangpol Kabupaten Tuban kemudian melakukan koordinasi dengan Satpol PP Tuban untuk melakukan tindakan. “Karena ini ada kaitannya dengan politik maka kita melakukan koordinasi dengan Kesbangpol. Selanjutnya kita tertibkan dan kita copot baliho yang memang melanggar aturan,” terang Hery Muharwanto, Kasatpol PP Kabupaten Tuban, di lokasi penertiban.

Selain terdapat baliho yang melanggar dengan menutupi baliho iklan yang berijin itu, petugas juga mendapati pemasangan baliho besar-besar tersebut menempel pada pohon, tiang listrik dan juga tiang telkom. “Ada delapan yang kita copot dari lokasi ini. Selanjutnya kita bawa ke kantor Kesbangpol. Kalau yang punya mau mengambil ya silakan,” tambahnya.

Dengan banyaknya baliho para kandidat Calon Bupati Tuban ini, Kesbangpol Tuban akan melakukan sosialisasi terkait pemasangan baliho sebelum masa kampanye. Yakni sejumlah partai politik yang ada di Kabupaten Tuban akan diundang pada Jumat mendatang. [mut/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar