Politik Pemerintahan

Swastanisasi Sejumlah Aset Daerah di Ponorogo, Demi Peningkatan PAD

Ponorogo (beritajatim.com) – Beberapa waktu lalu, Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni mengungkapkan bakal melakukan swastanisasi terhadap sejumlah aset daerah. Bupati ingin taman wisata Ngembag dan kolam renang Tirto Menggolo itu pengelolaannya dipihak ketigakan.

”Kedua aset tersebut sebenarnya memenuhi target PAD sih, tapi kami pengennya hasilnya lebih. Dan swastanisasi bisa menjadi salah satu solusinya,” kata Ipong.

Selain itu tugas Pemerintah, kata Ipong untuk membuat sebuah regulasi dan membuat aturan yang mengatur masyarakat. Jadi urusan penghasilan atau bisnis memang lebih cocok dilakukan pihak ketiga. Karena jika Pemerintah yang berbisnis itu sering kali yg tidak pernah untung.

”Tentunya swastanisasi ini muaranya untuk peningkatan PAD,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Ponorogo mengungkapkan bahwa, pihaknya kini sedang menyiapkan skema dan mekanisme untuk swastanisasi objek wisata Ngembag. Persiapan dilakukan dalam akhir tahun ini, sehingga diharapkan pada tahun depan sudah dimulai tahapan untuk swastanisasi tersebut.

”Dalam 2 bulan ini kami akan melakukan inventarisasi. Semoga tahun depan harapannya sudah mulai tahapannya,” kata Agus saat ditemui di kantornya, Jumat (1/11/2019).

Taman wisata Ngembag ini sebagai pilot projects dari Dispar untuk swastanisasi. Untuk ditawarkan ke pihak ketiga atau swastanisasi, pihaknya akan membuat lebih dulu sebuah project prospektus. Dimana itu merupakan gambaran rinci suatu objek wisata dari berbagai aspek. Dengan begitu pihak ketiga atau swasta akan membaca peluangnya disana. Selain itu mereka juga akan punya gambaran untuk mengembangkannya.

”Prinsipnya Pemkab Ponorogo harus lebih beruntung kalau aset itu diswastanisasi,” pungkasnya. [end/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar