Politik Pemerintahan

Survei SSC Elektabilitas Pilihan Presiden, Ganjar Pranowo Tertinggi di Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tampaknya telah mendapatkan tempat di hati warga Kota Surabaya. Pasalnya, Survei SSC menyebut jika elektabilitas pemilihan presiden menempatkan posisi Ganjar di urutan tertinggi dengan angka 34,6 persen.

Peneliti Senior SSC, Ikhsan Rosidi menilai bahwa elektabilitas Ganjar sebagai pilihan presiden terlalu kuat. Bahkan, Ganjar mampu melewati sejumlah tokoh besar seperti Anies Baswedan hingga Prabowo Subianto.

“Sejauh ini Ganjar Pranowo masih memimpin dengan kokoh di puncak elektabilitas dengan angka 34,6 persen, disusul Prabowo Subianto dengan angka 16,3 persen, disusul Tri Rismaharini 10,3 persen,” sebut Ikhsan, Kamis (12/01/2023).

Sedangkan nama-nama lain seperti Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Puan Maharani, Khofifah Indar Parawansa hingga Airlangga Hartarto, kata Ikhsan, perolehan angkanya masih berada di bawah 5 persen.

Kendati demikian, Ikhsan mengatakan jika peluang bagi calon lain masih terbuka dengan lebar. Sebab, sebanyak 6,9 persen warga Surabaya dalam survei ini memilih untuk tidak tahu dan tidak menjawab. “Survei elektabilitas kali ini 6,9 persen memilih tidak tahu dan tidak menjawab,” katanya.

Perlu diketahui, survei SSC ini dilakukan pada periode 1-10 Januari 2023 di sebanyak 31 kecamatan di Kota Surabaya. Kali ini, SSC memakai sebanyak 1.200 responden. Adapun penentuan responden dalam setiap kartu keluarga (KK) dilakukan dengan bantuan kish grid. (ipl/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar