Politik Pemerintahan

Survei SSC: 95,7 Persen Warga Puas Kinerja Risma dan 45,6 Persen Ikut Pilihannya di Pilwali

Surabaya (beritajatim.com) – Menjelang Pilwali Surabaya 9 Desember nanti, Surabaya Survey Center (SSC) merilis hasil survei yang mereka lakukan. Selain memaparkan soal peta politik di detik-detik akhir Pilwali Surabaya, SSC juga mengungkap kepuasan masyarakat Surabaya terkait Wali Kota Risma yang telah 10 tahun memimpin Surabaya.

Ikhsan Rosidi selaku peneliti senior SSC mengungkapkan, hampir seluruh masyarakat Surabaya mengaku puas dengan kepemimpinan Wali Kota Risma selama 10 tahun terakhir. “Sebanyak 95,7 persen mengaku puas,” katanya kepada wartawan di Hotel Narita Surabaya, Rabu (2/12/2020).

“Kemudian, 2,2 persen mengaku kurang puas, 1 persen mengaku tidak puas dan 1,1 persen mengaku tidak tahu atau tidak menjawab,” papar Ikhsan lebih lanjut.

Publik Surabaya, menurut Ikhsan, memiliki beberapa catatan terkait perkembangan Kota Pahlawan selama dipimpin oleh Wali Kota Risma.

“Sebesar 95 persen responden survei mengaku perkembangan Surabaya cukup baik, 3,2 persen menganggap sama saja, 0,8 persen mengaku semakin buruk dan 1 persen lainnya memilih tidak menjawab atau tidak tahu,” bebernya.

Dari hasil riset yang ada, menurut Ikhsan merupakan potret nyata pendapat sebenarnya dari masyarakat Surabaya kepada Wali Kota Risma. “Warga Surabaya melihat perkembangan nyata Kota Surabaya sejak dipimpin oleh Bu Risma 10 tahun. Masyarakat melihat bagaimana Surabaya di 10 tahun yang lalu sebelum dipimpin oleh Bu Risma dan bagaimana Surabaya hari ini setelah dipimpin oleh Beliau,” katanya.

“Proses penghijauan di Surabaya juga terpampang nyata dari banyaknya taman-taman serta ruang terbuka hijau yang luar biasa banyak. Masih ada banyak lagi pembangunan yang dapat dilihat langsung oleh masyarakat,” tuturnya.

Edy Marzuki selaku Direktur Riset SSC menambahkan, jika hampir sebagian besar masyarakat Surabaya bakal mengikuti pilihan Wali Kota Risma di Pilwali Surabaya.

“Sebanyak 45,6 persen responden memastikan diri akan memilih pasangan yang didukung oleh Wali Kota Risma,” paparnya.

“Ada 30,3 persen responden mengaku belum pasti memilih pasangan yang didukung oleh Wali Kota Risma dan 24,1 persen responden tidak akan memilih pasangan yang didukung Wali Kota Risma,” lanjut Edy.

Terkait status pasangan dengan nomor urut 01 Eri-Armuji yang didukung oleh Wali Kota Risma, lebih dari separuh responden mengaku tahu fakta itu. “82,8 persen responden tahu Eri-Armuji didukung oleh Wali Kota Risma. Sedangkan, 17,2 persen lainnya mengaku tidak tahu,” kata Edy.

Sebagai informasi, riset ini dilakukan SSC pada tanggal 19-24 November 2020 di 31 Kecamatan di Surabaya. Responden yang digunakan sebanyak 880 orang. Penelitian dilakukan dengan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error lebih kurang 3,3 persen dan pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. [tok/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar