Politik Pemerintahan

Survei SMRC: Elektabilitas Naik, Risma Masuk Bursa Calon Presiden 2024

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat bersama Pasangan Eri Cahyadi dan Armudji

Jakarta (beritajatim.com) – Survei nasional Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Menteri Sosial Tri Rismaharini masuk dalam bursa perhitungan calon Presiden tahun 2024, Mensos yang baru saja dilantik Presiden Joko Widodo tersebut memperoleh elektabilitas 3,1 persen.

Padahal sebelumnya nama Tri Rismaharini yang asal tinhggal di Wiyung Surabaya ini  tidak masuk dalam bursa kandidat Presiden survei nasional SMRC.

Dalam survei ini menunjukkan Ganjar Pranowo adalah tokoh dengan tingkat peluang terpilih tertinggi saat ini untuk menjadi kandidat Presiden 2024. Ganjar memperoleh dukungan tertinggi dengan 15,7% suara, dengan basis terbesar pendukungnya adalah pemilih PDI Perjuangan (28% pemilih PDI Perjuangan akan memilih Ganjar).

Hal ini disampaikan Direktur Eksekutif SMRC, Sirojudin Abbas, pada rilis daring survei nasional SMRC bertajuk “Sentimen Publik Nasional terhadap Kondisi Ekonomi-Politik tahun 2020 dan Prospek 2021” pada 29 Desember 2020, di Jakarta.

Survei Nasional SMRC dilakukan melalui wawancara per telepon kepada 1202 responden yang dipilih secara acak (random) pada 23-26 Desember 2020. Margin of error survei diperkirakan +/-2.9%.

Berdasarkan survei nasional tersebut, Ganjar Pranowo mendapat dukungan 15.7%, disusul Prabowo Subianto 14.9% kemudian Anies Baswedan 11%,  Sandiaga Uno 7.9%,  Ridwan Kamil 7.1%. Agus Harimurti Yudhoyono 3.1% dan Tri Rismaharini 3.1%

Nama-nama lain di bawah 2% dan yang tidak tahu/tidak menjawab sekitar 31.5%.

Bila dilihat dukungan berdasarkan massa pemilih partai, dukungan terhadap Ganjar terutama datang dari pendukung PDIP (28% memilih Ganjar), PKB (27%), PPP (21%), dan NasDem (20%).

Adapun dukungan terhadap Prabowo terutama datang dari massa Gerindra (50% memilih Prabowo). Dukungan terhadap Anies Baswedan terutama datang dari massa pendukung PKS (37%). Dukungan terhadap Ridwan Kamil terutama datang dari Golkar (21%). Dukungan terhadap Sandiaga Uno terutama datang dari Nasdem (25%).

Survei SMRC ini juga menunjukkan bahwa di antara mereka yang memilih Jokowi-Ma’ruf pada Pilpres 2019, persentase yang mendukung Ganjar lebih tinggi dibandingkan calon-calon lainnya. Sekitar 24% pendukung Jokowi-Maruf menyatakan akan memilih Ganjar, sementara 8% memilih Sandiaga, 8% memilih Anies, 8% memilih Ridwan, dan 6% memilih Prabowo.

Di pihak lain, di antara mereka yang memilih Prabowo-Sandi pada Pilpres 2019, sekitar 39% akan memilih Prabowo, 18% memilih Anies, 11% memilih Sandiaga Uno, 5% memilih Ridwan, dan 3% memilih Ganjar. (ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar