Politik Pemerintahan

Survei PRC: Tipis, Faida Menang di Desa, Hendy Menang di Kota

Jember (beritajatim.com) – Persaingan dalam pemilihan kepala daerah di Kabupaten Jember, Jawa Timur berlangsung ketat. Ini terlihat dari persebaran kemenangan pasangan Faida – Dwi Arya Nugraha Oktavianto dan Hendy Siswanto – Muhammad Balya Firjaun Barlaman di enam daerah pemilihan berdasarkan survei Politika Research Consulting (PRC).

Faida – Oktavianto mencatatkan kemenangan di Daerah Pemilihan 2 (Kecamatan Kalisat, Ledokombo, Sumberjambe dan Silo), Daerah Pemilihan 5 (Kecamatan Jombang, Kencong, Gumukmas, dan Puger), dan Daerah Pemilihan 6 (Kecamatan Sumberbaru, Umbulsari, Semboro, Tanggul dan Bangsalsari).

Sementara, Hendy – Firjaun menang di Daerah Pemilihan 1 (Kecamatan Panti, Sukorambi, Kaliwates, Patrang, Arjasa, Jelbuk dan Sukowono), Daerah Pemilihan 3 (Kecamatan Ajung, Tempurejo, Mumbulsari, Sumbersari, Pakusari, dan Mayang), dan Daerah Pemilihan 4 (Kecamatan Balung, Ambulu, Wuluhan, Rambipuji, dan Jenggawah).

Pemilih Faida – Oktavianto lebih banyak di perdesaan, yakni 35,6 persen. Hendy – Firjaun mendapat dukungan 34,4 persen. Abdus Salam – Ifan Ariadna mendapat dukungan 14,4 persen.
Sementara di perkotaan, jumlah pemilih Hendy – Firjaun unggul dengan 36,7 persen. Faida – Oktavianto didukung 35,6 persen dan Salam – Ifan didukung 9,4 persen.

Hasil ini diperoleh dari jajak pendapat yang dilaksanakan pada 26 November- 2 Desember 2020. Jajak pendapat ini melibatkan sampel 500 responden yang tersebar secara proporsional di 31 kecamatan dari 50 desa yang terpilih secara acak sebagai basis survei.

Metode survei yang digunakan adalah multi-stage random sampling, dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. “Adapun rentang Margin of Error (MoE) dalam survei PRC adalah sebesar 4,5 persen,” kata Direktur Riset PRC Miftahul Munir, dalam konferensi pers di Kafe MyWay, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (5/12/2020).

PRC melakukan supervisi secara berlapis melalui koordinator lapangan dan supervisor, serta dilakukan respondents check sebesar 20 persen dari total responden untuk memastikan kualitas survei.

Berdasarkan survei dengan pertanyaan tertutup, pasangan Faida – Dwi Arya Nugraha Oktavianto mendapatkan 35,6 persen. Mereka ditempel ketat pasangan Hendy Siswanto – Muhammad Balya Firjaun Barlaman yang mendapat 35,2 persen. Terakhir pasangan Abdus Salam – Ifan Arianda meraih 12,6 persen. [wir/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Pizza Meat Lover Menu Berbuka Favorit Anak

Resep Rawon Iga Lunak Cocok untuk Berbuka

Pameran Lukisan Anak Berkebutuhan Khusus

beritajatim Foto

Air Terjun Telunjuk Raung

Foto-foto Longsor di Ngetos Nganjuk