Politik Pemerintahan

Survei Pemilihan Presiden: Generasi Z Pilih Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Jakarta (beritajatim.com) – Survei Nasional Suara Anak Muda Tentang Isu Soasial Politik Bangsa yang digelar Indikator Politik terkait tokoh Presiden posisi Anies Baswedan berada di peringkat teratas dengan 15.2 Persen.

Posisi kedua ditempati Ganjar Pranowo 13.7 persen, kemudian Ridwan Kamil 10.2 Persen, Sandiaga Uno 9.8 Persen dan Prabowo Subianto 9,5 Persen.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi Ph.D dalam rilis hari ini menyatakan temuan Survei dilakukan mulai 4-10 maret 2021.

“Survei kita batasi di generasi z, usia anatara 17-21 tahun atau lahir pasca Soeharto jatuh dengan sampel 1200 responden anak muda bersedia diwawancarai,” kata Burhanuddin, Minggu (21/3/2021).

Survei dilakukan dengan telepon dengan margin error kurang lebih 2.9 persen. Secara umum tidak ada nama yang dominan, namun nama Anies Baswedan saat survei dilakukan menduduki posisi teratas.

Pemilih Jokowi pada Pilpres lalu (2019) menyebar kepada 17 nama, sedangkan pemilih Prabowo dan Sandiga memilih Anies Baswedan.

“Namun generasi Z yang tidak tahu dan belum menjawab masih sebanyak 30.5 yang belum menentukan pilihan,”kata Burhanudin.

Sekretaris Jendral DPP PDIP Hasto Kristyanto yang ikut dalam rilis temuan survei kali ini ketika ditanya terkait kader PDIP yaitu Ganjar Pranowo berada di posisi kedua menyatakan Pilpres masih tahun 2024.

“Temua Survei masih dinamis bisa naik dan turun apalagi anak muda yang belum menentukan pilihan masih besar sekitar 30 persen, Belanda masih jauh. Namun hasil survei ini tetap menjadi masukan bagi partai.” tandas Hasto. (ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar