Politik Pemerintahan

Survei Internal PKB dan SMRC Nyatakan Ladub Menang di Pilbup Malang

Tim paslon nomor urut 02 Lathifah Shohib - Didik Budi Muljono.

Malang (beritajatim.com) – Saling klaim kemenangan dilakukan oleh masing-masing tim dari Paslon nomor urut 01 M Sanusi – Didik Gatot Subroto (Sandi) dan Paslon nomor urut 02 Lathifah Shohib – Didik Budi Muljono (Ladub) di Pemilihan Bupati Malang, Rabu (9/12/2020).

Tim Paslon 02 atau Ladub terlebih dahulu mengumumkan kemenangan pada Rabu sore di Kantor DPC PKB Kabupaten Malang. Dari hitung cepat internal PKB mereka mengklaim meraih kemenangan dengan selisih 0,66 persen dari pesaing terdekat paslon nomor urut 01 atau Sandi.

Dari data mereka jumlah suara yang masuk sebanyak 98,50 persen dengan margin error 2 persen. Rinciannya, paslon nomor urut 01 Sanusi – Didik mendapatkan presentase 43,58 persen, paslon 02 Lathifah – Didik presentase 44,24 persen, dan paslon 03 Heri Cahyono – Gunadi Handoko (Malang Jejeg) presentase 12,08 persen.

Selain survei internal. Survei dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) juga menyatakan jika Paslon Ladub menang dalam Pilbup Malang. Rincian dari SMRC, Sandi memperoleh suara 43,75 persen, Ladub 44,09 persen dan Malang Jejeg memperoleh 12,16 persen.

Ketua DPC PKB Kabupaten Malang, Ali Ahmad mengatakan, pasca hasil ini dia meminta penyelenggara Pemilu KPU bertindak jujur dalam menuntaskan tahapan selanjutnya. Kepada aparat keamanan mereka meminta untuk mengawal terus agar tidak terjadi pelanggaran hingga dugaan manipulasi data.

“Kami bersyukur sekali hari ini perhitungan suara secara quick count cukup menggembirakan. Namun kami dari partai menginstruksikan kepada saksi untuk memperketat lagi proses penghitungan. Saya berharap semua pelaksana dan aparat hari ini betul-betul mengawal agar tidak menimbulkan pelanggaran dan manipulasi data,” kata Ali Ahmad.

Sedangkan, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim, Sri Untari Bisowarno juga mengklaim paslon Sandi menang di Pilbup Malang. Dasarnya adalah hasil hitung cepat internal, mereka meraih suara 45,18 persen. Di susul paslon nomor 02 Lathifah Shohib dan Didik Budi Muljono (LADUB) dengan suara 42,87 persen. Kemudian paslon nomor urut 03 Heri Cahyono dan Gunadi Handoko (JEJEG) sebesar 11,9 persen.

“Kami juga unggul di survei Times Indonesia, SANDI 45,09 persen, LADUB 42,90 persen, JEJEG 12,01 persen. Dan LSI Denny JA, SANDI 45,99 persen, LADUB 41,60 persen, dan JEJEG 12,41 persen,” tandas Sri Untari. [luc/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar