Politik Pemerintahan

Survei Caleg DPR RI, Dapil Jatim IX Dimenangkan Pendatang Baru

Surabaya (beritajatim.com) – Pemilu Legislatif (Pileg) Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur IX banyak diisi oleh para pendatang baru.

Setidaknya terdapat empat kandidat merupakan calon-calon baru yang sebelumnya belum pernah mencalonkan diri. Sebagaimana diketahui bahwa Dapil Jatim IX mendapatkan jatah enam kursi.

Lembaga survei Y Publica dalam laporan survei menyebutkan bahwa empat pendatang baru itu adalah Haeny Relawati, Farida Hidayati, Ratna Juwita Sari dan J Urip Utomo.

“Dua lainnya tetap dihuni oleh petahana, yaitu Didik Mukrianto dan Wihadi Wiyanto,” ungkap Direktur Eksekutif Y Publica, Rudi Hartono dalam keterangan rilisnya kepada beritajatim.com, Senin (25/2/2019).

Untuk informasi, Haeny Relawati yang merupakan mantan Bupati Tuban dua periode mendapatkan tingkat keterpilihan tertinggi dengan mengantongi pilihan responden sebesar 12,3 persen.

Selain itu, calon lainnya, Farida Hidayati memiliki elektabilitas sebesar 10,8 persen, Didik Mukrianto sebesar 9,3 persen, Wihadi Wiyanto sebesar 8,4 persen, J Urip Utomo sebesar 7,5 persen dan Ratna Juwita Sari sebesar 6,8 persen.

“Nama-nama ini kami dapatkan berdasarkan pertanyaan terbuka kepada responden,” jelas Rudi.

Sementara itu, lanjut Rudi, beberapa petahana yang terpilih dalam Pileg 2014 lalu banyak yang memiliki elektabilitas di bawah enam besar. Mereka adalah Abidin Fikri dengan elektabilitas sebesar 4,3 persen, Satya Yudha sebesar 3,1 persen dan Lukmanul Khakim sebesar 2,1 persen.

“Abidin Fikri dan Satya Yudha masih masuk dalam kategori 10 besar. Tapi, Lukmanul Khakim hanya menempati posisi 11,” imbuhnya.

Rudi menambahkan, caleg pendatang baru yang masuk dalam 10 besar adalah Suyoto dan Setyo Hartono. Keduanya merupakan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro periode 2013-2018.

“Dalam kategori 10 besar ada enam pendatang baru dan empat petahana,” tuturnya.

Survei Y Publica dilakukan pada 4-13 Februari 2019 di Dapil Jatim IX dengan jumlah responden sebanyak 800 orang mewakili tiap kecamatan. Sampel dipilih secara acak bertingkat (multistage random). Dalam survei ini margin of error sebesar 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. [tok/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar