Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Survei ARCI: Prabowo, Ganjar dan Muhaimin Iskandar Bersaing Ketat di Jatim

Surabaya (beritajatim.com) – Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) menyampaikan hasil survei terbaru elektabilitas Calon Presiden 2024 di Jawa Timur. Elektabilitas Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) merangsek ke posisi tiga besar.

“Hasil survei ARCI pada Januari 2022 ini, elektabilitas Prabowo Subianto sebagai Capres di Jatim masih tertinggi disusul Ganjar Pranowo. Yang mengejutkan, elektabilitas Muhaimin Iskandar yang masuk tiga besar Capres 2024 menurut pilihan warga Jatim,” kata Direktur ARCI Baihaki Sirajt saat paparan survei ARCI di Surabaya, Rabu (16/2/2022).

Baihaki mengungkapkan, tren elektabilitas Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar paling meningkat. Khusus untuk Muhaimin Iskandar, elektabilitasnya meningkat dua kali lipat dibanding survei ARCI Oktober 2021 lalu.


“Prabowo kenaikan elektabilitas 1,2 persen menjadi 19,9 persen. Yang naiknya tinggi Muhaimin, dari Oktober lalu 6,9 persen sekarang menjadi 14,9 persen,” terangnya.

Baihaki mengungkapkan, faktor yang menyebabkan elektabilitas Muhaimin Iskandar sebagai Capres 2024 meningkat pesat. Salah satunya safari politik di Jatim.

“Kita semua tahu, sebulan terakhir ini Muhaimin Iskandar turun ke Jatim, dan mendatangi ponpes-ponpes hingga grassroot NU. Ini membuktikan, bahwa safari politik yang dilakukan politisi PKB yang juga keponakan Gus Dur berhasil, dan mendapat simpati dari warga, khususnya warga NU di Jatim,” ungkapnya.

“Sementara Prabowo meski tidak pernah ke Jatim ya selama 2022 ini, tapi eksistensi Gerindra juga turut berdampak. Mangkannya elekbiltasnya masih stabil dan sedikit meningkat,” ungkapnya.

Sementara, untuk Ganjar Pranowo, elektabilitasnya menurun dari 20,2 persen menjadi 18,1 persen. Baihaki menyebut, beberapa faktor yang menyebabkan elektabilitas Ganjar menurun.

“Faktor PDIP yang belum mendukung Ganjar menjadi salah satu penyebabnya. Dan publik cenderung memilih figur yang memang juga erat kaitannya dengan parpol,” terangnya.

Baihaki menambahkan, dalam Pilpres 2024, masyarakat Jatim cenderung masih memiliki kepercayaan terhadap Prabowo Subianto. Selain itu, kepercayaan warga Nahdliyin terhadap Muhaimin Iskandar terus meningkat.

Diketahui, Survei ARCI dilakukan pada 15-27 Januari 2022 di 38 Kabupaten/Kota Jatim dengan jumlah responden proporsional. Survei ini menggunakan mutistage random sampling dengan jumlah responden sebanyak 1.200. Margin of error sebesar 3 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (tok/ted)

Berikut hasil survei ARCI terkait elektabilitas Capres di Jatim:

1. Prabowo Subianto 19,9 persen
2. Ganjar Pranowo 18,1 persen
3. Muhaimin Iskandar 14,9 persen
4. Khofifah Indar Parawansa 8,1 persen
5. Anies Baswedan 5,6 persen
6. Agus Harimurti Yudhoyono 5,1 persen
7. Mahfud MD 4,2 persen
8. Ridwan Kamil 4,1 persen
9. Puan Maharani 2,9 persen
10. Airlangga Hartarto 2,8 persen
11. Sandiaga Salahudin Uno 2,5 persen
12. Erick Thohir 2,3 persen
13. Gatot Nurmantyo 1,7 persen
14. Andika Perkasa 1,5 persen
15. Surya Paloh 0,9 persen
16. Rizal Ramli 0,7 persen
17. Tito Karnavian 0,5 persen
– Belum menjawab 4,2 persen.


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev