Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Survei ARCI, Fenomena Baru Naiknya Elektabilitas Tokoh Muda di Sidoarjo

Sidoarjo (beritajatim.com) – Lembaga survei Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) mengeluarkan rilis peluang tokoh muda yang masuk peluang dalam jelang kontestasi Pilkada 2024.

Kendati bukan anggota dewan, namun ada satu nama politisi muda yang masuk 4 besar bersaing dengan publik figur. Yakni Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kab. Sidoarjo, Samsul Hadi, yang terekam mempunyai elektabilitas yang bagus.

“Nama Sekretaris DPC PDI Perjuangan Sidoarjo, Samsul Hadi terekam dan di sebut responden saat kami sodorkan pertanyaan nama-nama Calon Wakil Bupati (Cawabup) Sidoarjo. Nama Samsul Hadi masuk di 5 besar tokoh muda atau millenial yang dipilih responden sebagai Cawabup jika Pilkada dilakukan saat ini,” kata Direktur ARCI Baihaki Sirajt dalam rilis hasil surveinya di Sidoarjo, Rabu (18/5/2022).

Baihaki menambahkan jika munculnya nama Samsul Hadi memang mengagetkan, sebab dia bukan berasal dari anggota Legislatif ataupun pejabat publik. “Samsul Hadi ini kader PDI Perjuangan Sidoarjo. Tetapi namanya terekam responden yang kami survei. Jadi nama Samsul Hadi ini bisa menjadi kuda hitam di Pileg maupun Pilkada Sidoarjo mendatang,” ungkap Baihaki.

Baihaki menjelaskan, memang tren elektabilitas PDI Perjuangan di Sidoarjo menunjukkan kenaikan. Saat kami lakukan survei bulan Januari 2022 kemarin elektabilitas PDI Sidoarjo diangka 10,9 %. Survei terbaru ARCI yang dilakukan tanggal 11 April hingga 25 April elektabilitasnya naik menjadi 12,7 %.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kab. Sidoarjo Samsul Hadi

“PDI Perjuangan di Sidoarjo elektabilitas terus naik berada di peringkat kedua. Peringkat pertama PKB dan peringkat ketiga Partai Gerindra disusul peringkat keempat Partai Golkar dan kelima PAN,” urai mantan Sekretaris DPD Nasdem Sidoarjo tahun 2017 itu.

Masih kata Baihaki, ada beberapa faktor yang mempengaruhi elektabilitas tokoh muda PDI Perjuangan Sidoarjo itu, Diantaranya gentolnya Samsul mengkampanyekan program Partainya di media sosial (medsos). Kemudian dia adalah kader murni partai besutan Megawati Soekartono Putri tersebut.

“Dia kader partai, kemungkinan Kader Partai PDI Perjuangan di Sidoarjo ingin sekali ada kader yang duduk Pendopo Sidoarjo di Pilkada Sidoarjo tahun 2024 mendatang,” jelasnya.

Lebih jauh Baihaki menjelaskan jika survey ARCI dilakukan pada 11-25 April 2022, dengan jumlah responden proporsional. “Survei ini menggunakan multistage random sampling dengan jumlah 400 responden dengan margin of error kurang lebih 5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Quality Control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebersar 20 %, sampel didatangi kembali oleh supervisor (spot chek) dalam kualiti kontrol dan tidak di temukan kesalah yang berarti. Wawancara dilakukan dilapangan tanggal 11 April hingga 25 April 2022,” pungkasnya. (isa/kun)

Berikut rilis hasil surveI ARCI terkait nama nama sebagai Cawabup Sidoarjo yang disodorkan keresponden.

1. H Subandi : 27,8 %

2. Sullamul Hadi Nurmawan : 16,5 %

3. Adam Rusydi : 9,7 %

4. Samsul Hadi : 9,4 %

5. Mimik Idayana : 11,9 %

6. Zahlul Yussar : 4,3 %

Lainnya : 10,1 %

Tidak Tahu/Tidak Menjawab : 10,3 %.

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar