Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Kunci Lumbung Suara Milenial Pilgub Jatim 2024

Surabaya (beritajatim.com) – Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, dinilai sebagai kunci untuk mengamankan lumbung suara milenial untuk Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2024. Hal ini berdasarkan pada hasil survei yang dijalankan Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) terkait calon pasangan Gubernur-Wakil Gubernur Jatim.

Dalam surveinya, ARCI membuat simulasi tiga pasangan calon. Di antaranya, Khofifah-Fauzi mengantongi elektabilitas 40,1 persen. Emil Dardak-Fauzan Fuadi 17,2 persen, dan Heru Tjahjono-Eri Cahyadi 10,5 persen, dan 32,2 persen responden tidak menjawab.

Direktur ARCI Baihaki Siratj mengatakan, menggandeng Fauzi merupakan pilihan yang realistis untuk mendongkrak perolehan suara. Khususnya suara milenial.

“Jika Khofifah harus bergandengan dengan sosok milenial, maka ada pada Mas Fauzi, itu bisa mendongkrak perolehan suara,” katannya saat menjelaskan hasil survei.

Ia menjelaskan, peluang untuk memenangkan Pilgub 2024 harus berpasangan dengan kader muda PDI Perjuangan dan memiliki prestasi. Kriteria tersebut, sambung Baihaki, ada pada sosok Fauzi.

“Harus mengambil sosok PDIP yang milenial dan punya prestasi,” ujarnya.

Baihaki menegaskan, elektabilitas Fauzi terus menanjak. Survei sebelumnya Fauzi masih di angka 2,08 persen, sementara hasil survei terbaru kini Fauzi naik tajam ke angka 4,7 persen.

“Tokoh muda yang punya elektabilitas tinggi seperti Fauzi, sangat berpotensi untuk dijadikan calon Wakil Gubernur,” pungkas Baihaki.

Peningkatan elektabitas Fauzi tidak lepas dari perannya sebagai bupati berpengaruh yang ada di wilayah Madura.

Penilaian Baihaki sejalan dengan respon masyarakat Madura terhadap unggah video tiktok @achmadfauzi.af. Video tersebut memperlihatkan saat Fauzi melakukan sidak ke sawah di Desa Guluk-Guluk, Sumenep untuk melihat harga tembakau.

Video tersebut sudah ditonton 144.700 kali, mendapat 6412 like, 193 komentar, 182 favorit dan 723 share atau dibagikan ulang.

Responden sidak Fauzi datang dari berbagai wilayah kota yang ada di Jawa Timur. Terutama masyarakat asal kota di Madura dan yang ada di wilayah tapal kuda.

Banyak netizen yang membandingkan kinerjanya dengan pemimpin mereka di kota masing-masing. Mayoritas, mereka menilai Fauzi merupakan sosok yang pantas untuk terus memimpin.

Survei ARCI dilakukan pada 5-12 September 2022, menggunakan metodologi multistage random sampling melibatkan 1.200 responden. Margin of errors survei ini kurang lebih 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. [asg/beq]

Apa Reaksi Anda?

Komentar