Politik Pemerintahan

Survei Adiwangsa: Jokowi Unggul Jauh di Malang Raya

Malang (beritajatim.com) – Lembaga Riset Adiwangsa melakukan survei Pemilihan Presiden 2019, kepada masyarakat Malang Raya terdiri dari Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu. Survei dilakukan sejak November 2018 hingga Februari 2019.

Direktur Lembaga Adiwangsa, Mahatva Yoga mengatakan hasil survey yang ia lakukan kepada 480 responden itu, menempatkan pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin dengan 55.70 persen. Sedangkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memperoleh 35 persen suara.

“Sedangkan yang tidak memilih atau golput 9.30 persen. Survei ini, dengan margin of error kurang lebih 4.8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen,” kata Yoga.

Yoga mengatakan, metode pengumpulan data adalah responden terpilih diwawancarai secara tatap muka menggunakan kuesioner. Survei dilakukan untuk mengetahui pilihan warga terhadap calon dan partai politik.

“Ada tiga faktor yang dilihat yakni faktor keterkenalan, kesukaan dan keterpilihan. Para responden ini kita lihat persepsi terhadap kandidat, latar belakangnya, demografi pemilih hingga kita lihat kelompok mana saja yang memilih,” ujar Yoga.

Selain itu, hasil survei menunjukan masyarakat tidak melihat partai politik mana yang mendukung Jokowi-Ma’ruf maupun Prabowo-Sandi. Masyarakat memilih dengan pertimbangan figur masing-masing calon presiden dan wakil presiden.

“Pasangan 02 untuk representatif ketegasannya lebih tinggi dari pasangan 01. Kemudian 100 persen responden mengaku tahu dengan Jokowi-Ma’ruf sedangakan Prabowo-Sandi mendapat 97 persen. Dan terakhir paslon 01 disukai 85 persen responden sedangkan paslon 02 disukai 72 persen responden,” tandas Yoga. [luc/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar