Politik Pemerintahan

Terapkan Protokol Kesehatan

Surat Suara Pilbup Mojokerto Tiba di Gudang KPU

Surat suara Pilbup Mojokerto tiba di gudang KPU Kabupaten Mojokerto

Mojokerto (beritajatim.com) – Dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat, Polres Mojokerto mengawal pengiriman 424 boks surat suara untuk Pemilihan Bupati (Pilbup) Mojokerto, sejak dari percetakan hingga gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Polisi bersenjata laras panjang tampak berada di dalam truk boks yang mengangkut ratusan ribu lembar surat suara tersebut. Sampai di gudang KPU Kabupaten Mojokerto yakni GOR Dinas Pendidikan, segel pada pintu belakang truk langsung diperiksa.

Pemeriksaan dilakukan Ketua KPU Kabupaten Mojokerto Muslim Bukhori, anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mojokerto, dan Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander. Pintu baru dibuka setelah dipastikan bahwa pintu belakang truk masih tersegel.

Setelah memastikan masih tersegel, Ketua KPU Kabupaten Mojokerto membuka segel dilanjutkan dengan memeriksa suhu tubuh sopir truk boks. Pasca dibuka, petugas langsung menyemprotkan disinfektan ke dalam. Ini memastikan agar tidak ada penyebaran Covid-19.

Petugas kemudian menurunkan satu per satu boks surat suara ke dalam gudang KPU dengan pengecekan langsung oleh petugas. Gudang KPU Kabupaten Mojokerto juga dipenuhi logistik Pilbup lainnya yang sebelumnya sudah datang terlebih dahulu.

Kapolres Mojokerto, AKBP Dony Alexander mengatakan, pihaknya melakukan pengawalan salah satu logistik utama Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). “Yaitu surat suara dari gudang percetakan hingga gudang KPU Kabupaten Mojokerto,” ungkapnya, Selasa (24/11/2020).

Masih kata Kapolres, sebanyak 424 boks surat suara dengan isi masing-masing boks sebanyak 2.000 lebar. “Sesuai amanat Bapak Kapolri dan Bapak Kapolda, TNI/Polri siap mengamankan Pilkada 9 Desember nanti, termasuk aset logistik. Nantinya pendistribusian dilakukan pengamanan sesuai SOP, saat penggeseran logistik kita akan berkoordinasi dengan KPU,” katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Mojokerto Muslim Bukhori menjelaskan, logistik ada dua macam yakni kelengkapan yang ada di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan Alat Pelindung Diri (APD) sebanyak 14 item. “Untuk APD ada 14 item, yang sudah datang 11 item,” ujarnya.

APD yang belum di gudang KPU Kabupaten Mojokerto yakni baju hazmat, thermo gun dan sarung tangan lateks untuk petugas di TPS. Sementara surat suara yang datang di KPU Kabupaten Mojokerto ada 434 boks yang masing-masing boks berisi 2.000 lembar surat suara.

“Surat suara yang datang sebanyak 846.077 lembar. Terdiri dari 823.014 lembar surat suara utama sesuai jumlah Daftar Pemilih Tetap, 21.603 lembar cadangan serta 2.000 lembar surat suara untuk persiapan PSU (Pemungutan Suara Ulang). Sortir dan lipat surat suara kami pekerjakan 50 orang,” jelasnya.

Sortir surat suara yang dijadwalkan bisa dikerjakan sebanyak 50 orang dalam empat hari tersebut, lanjut Muslim, dimulai 26 November. Ini lantaran pada Pilkada serentak 9 Desember mendatang hanya ada satu macam surat suara.

“Kami asumsikan 4 hari selesai karena hanya satu macam surat suara. Kalau ada yang rusak, kami buatkan berita acara untuk kami klaimkan ke pihak penyedia. Sampai hari ini, perlengkapan untuk pemungutan suara di 2.084 TPS sudah lengkap. Meliputi 846.077 lembar surat suara, 4.168 bilik suara, 2.084 kotak suara, 2.084 tinta, 41.680 segel serta 12.540 cable ties (kabel pengikat),” jelasnya. [tin/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar