Politik Pemerintahan

Surat Suara Kurang, Pendistribusian Logistik Pemilu ke Kepulauan Terancam Molor

Sumenep (beritajatim.com) – Pendistribusian logistik Pemilu 2019 ke sejumlah wilayah kepulauan di Kabupaten Sumenep, terancam molor dari jadwal. Pasalnya, hingga saat ini KPU Sumenep belum menerima kiriman kekurangan surat suara.

“Rencananya pendistribusian awal kami lakukan untuk kepulauan jauh, seperti ke Pulau Masalembu. Jadwalnya tanggal 2 April, menggunakan kapal regular. Kemudian menyusul Pulau Sapeken dan Sakala,” kata Ketua KPU Sumenep, A. Warits, Kamis (28/03/2019).

Kabupaten Sumenep terdiri dari 27 kecamatan. 9 kecamatan diantaranya merupakan kecamatan kepulauan. Waktu tempuh yang diperlukan dari Pelabuhan Kalianget ke kepulauan jauh seperti Masalembu, Sapeken, dan Kangean, di atas 10 jam, dalam kondisi cuaca laut normal.

“Kendala utama proses pendistribusian ke kepulauan ini adalah belum lengkapnya surat suara untuk Pemilu 2019. Untuk tiap daerah pemilihan, kekurangan surat suara mencapai 2 ribu lembar,” ujar Warits.

Menurutnya, KPU Sumenep telah melayangkan surat ke KPU RI melalui KPU Provinsi Jawa Timur, meminta pengiriman kekurangan surat suara. Hasil konfirmasi terakhir, pihak ketiga yang mencetak surat suara, telah mengirimkan kekurangan surat suara itu ke KPU RI.

“Jadi diharapkan dalam waktu dekat, kekurangan surat suara untuk Sumenep sudah bisa terpenuhi, sebelum jadwal pengiriman ke kepulauan,” ungkapnya.

Sedangkan untuk pengemasan logistik yang akan didistribusikan ke wilayah kepulauan, sudah tuntas dilakukan.

“Pengemasan logistik untuk Pulau Masalembu sudah selesai. Tinggal menunggu kekurangan surat suara, maka seluruh logistik pemilu untuk Pulau Masalembu sudah siap dikirim sesuai jadwal kapal regular,” ucapnya.

Secara keseluruhan KPU Sumenep kekurangan surat suara sebanyak 78.035 lembar, meliputi SS DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD dan Pilpres. Kekurangan itu merupakan akumulasi kekurangan surat surat karena rusak dan juga karena jumlah yang dikirim dari perusahaan tidak sesuai (kurang).

Jumlah DPT Sumenep pada Pemilu 2019 sebanyak 872.764 orang. Jumlah tersebut terdiri dari 410.522 laki-laki dan 462.242 perempuan. Pemilih tersebut tersebar di 4.315 Tempat Pemungutan Suara (TPS). (tem/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar