Politik Pemerintahan

Sukseskan Program Gemarikan, Dinas Perikanan Kabupaten Kediri Serahkan Ikan Lele ke Kader Posyandu

Kediri (beritajatim.com) – Dinas Perikanan Kabupaten Kediri menyerahkan paket yang berisikan ikan lele segar kepada kader posyandu di Desa Sekaran Kecamatan Kayen. Pemberian paket ikan segar tersebut dalam rangka mensukseskan program Gemarikan yang ada di Kabupaten Kediri.

Kegiatan Gemarikan tahun ini dilaksanakan di tengah Pandemi Covid 19. Untuk itu tema yang diusung adalah “Makan Ikan Meningkatkan Imunitas Tubuh Tangkal Covid 19”. Dengan tema tersebut diharapkan agar masyarakat lebih meningkatkan komsumsi ikan.

Hari ini, untuk Desa Sekaran mendapatkan 226 paket, dimana per paket berisi 2 kg ikan lele segar dan 1 bungkus stik lele. Rencananya dari para kader tersebut paket lele segar akan dibagikan kepada penerima.

Kepala Dinas Perikanan Kab. Kediri melalui Kasi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Budijono Langgeng Saputro, S.Pt. mengatakan, tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini masih dalam pandemi covid 19, oleh karena itu Dinas Perikanan mengambil tema tersebut agar konsumsi ikan meningkat.

“Dengan meningkatnya konsumsi ikan di Kabupaten Kediri, masyarakat bisa semakin sehat, imun meningkat yang pasti dapat menangkal covid 19. Fokus sasaran penerima adalah 1000 hari kehidupan, yaitu ibu hamil hingga anak usia 2 tahun, yang sekaligus untuk mengurangi angka stunting di Kabupaten Kediri,” imbuhnya.

Selain itu, tambahnya, juga dapat memulihkan ekonomi masyarakat. Karena semakin banyak mengkosumsi ikan secara otomatis produksi perikanan seperti ikan lele juga meningkat. “Dapat kita lihat, sekarang sudah banyak muncul kelompok pembudidaya ikan lele di Desa Sekaran yang kami beri nama ‘Sekar Abadi’,” terangnya.

Menurutnya, pemberian paket ikan lele tersebut hanyalah stimulan, kemudian untuk kedepannya masyarakat bisa membeli atau memproduksi sendiri dengan memanfaatkan pekarangan yang ada. Dinas Perikanan akan terus memberikan pembinaan bagi kelompok budidaya ikan hingga dalam hal pemasaran.

“Selama pandemi Covid-19 ini kami sudah melaksanakannya empat kali. Kedepan secara continue akan tetap kita lakukan tapi di desa lain,” pungkasnya.

Sementara itu Kades Sekaran, Purdiman, mengucapkan terima kasih atas bantuan tersebut. Desa Sekaran terdiri dari 4 dusun, jumlah paket akan dibagikan marata secara door to door.

“Kami menggandeng kader posyandu yang sudah tahu data-data ibu hamil dan balita yang berhak menerima. Semoga warga Desa Sekaran selalu diberikan kesehatan dengan banyak mengkonsumsi ikan,” harapnya. [adv kominfo/nm]





Apa Reaksi Anda?

Komentar