Politik Pemerintahan

Sudah Naik Lelang, Gedung Literasi Magetan Akan Segera Dibangun

Masterplan Gedung Literasi

Magetan (beritajatim.com) – Gedung Literasi sudah naik lelang. Proyek senilai 10 M bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Magetan itu bakal dibangun tahun ini.

“Meski belum semua fasilitas dilengkapi setidaknya gedung utama segera dibangun di bagian utara Kebun Refugia Magetan. Tepatnya gedung untuk zona satu, yakni gedung untuk perpustakaannya,” kata Muhtar Wakid Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Magetan, kepada beritajatim.com, Rabu (31/3/2021).

Gedung zona satu itu bakal terdiri dari dua lantai. Lantai satu untuk ruang baca perpustakaan. Sementara lantai dua bakal didesign seperti aula atau studio. Fungsinya, untuk kegiatan – kegiatan sastra seperti theater, puisi, storytelling dan kegiatan lainnya. “Ini sudah masuk dalam lelang, dan tentu detail engineering design sudah selesai sejak 2020 lalu,” paparnya.

Kalau untuk pendanaan dia membenarkan kalau tidak ada refocusing. Sehingga, semua tetap dilanjutkan. Namun, tetap menunggu proses lelang. Dan kini belum ada yang menang tender. Dan dia belum tahu kapan akan mulai dibangun. “Kemungkinan Mei sudah bisa proyek fisik jika tak ada kendala. Dan tahun ini tidak ada larangan untuk mengerjakan proyek fisik,” imbuhnya.

Gedung tersebut bakal dilengkapi berbagai macam fasilitas. Juga, bekal terintegrasi dengan kebun refugia untuk aktivitas wisata. Sehingga, jadi tempat yang representative untuk dijadikan tempat refrshing dan mendapatkan inspirasi untuk berkarya.

Sehingga akan dibangun zona dua. Yakni berupa homestay bagi para penulis atau yang datang untuk belajar. Jadi, tak hanya sehari, tapi bisa beberapa hari untuk belajar di Gedung Literasi. “Namun, pembangunannya tak dianggarkan dari DAK. Bakal murni bersumber dari APBD. Tidak tahun ini untuk pembangunan zona dua,” katanya.

Sayangnya, dia belum tahu kapan akan dilakukan pembangunan untuk zona dua. Yang jelas, kemungkinan tahun depan. Lantaran, tahun ini belum ada perencanaan untuk pembangunan homestay untuk gedung literasi itu. “Dan juga melihat situasi dan kondisi tahun depan, jika memungkinkan, mungkin bisa segera,” tutupnya. [kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar