Politik Pemerintahan

Sudah 3 Tahun, Layanan Parkir Berlangganan di Tuban Mampu Tertibkan Jukir Liar

Tuban (beritajatim.com) – Keberadaan layanan parkir berlangganan di Kabupaten Tuban yang dikelola oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tuban yang sudah berjalan tiga tahun terakhir merupakan salah satu keberhasilan dari inovasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban dalam hal ini Dishub Tuban untuk menekan keberadaan juru parkir liar.

Selain itu, menekan juru parkir liar tentunya dengan keberadaan parkir berlangganan itu bisa meningkatkan jumlah PAD pada setiap tahunnya.

Dengan beberapa keberhasilan itu, Dishub Tuban terus berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan bagi para warga masyarakat dengan menempatkan juru parkir yang ramah di seluruh wilayah Tuban.

Data yang dihimpun beritajatim.com, untuk penerapan parkir berlangganan di Kabupaten Tuban ini mulai dilakukan oleh pihak Dishub Tuban sejak bulan Agustus 2017 lalu. Tentunya perubahan dari parkir biasa terus menjadi layanan parkir berlamgganan itu diawali dengan berbagai kajian, studi banding, dan pembahasan baik di internal Pemerintah Kabupaten Tuban maupun DPRD dan kemudian muncul Perda Nomor 2 Tahun 2017 tentang retribusi pelayanan parkir di tepi jalan umum.

“Setelah melalui berbagai kajian itu menandai hijrahnya sistem pelayanan parkir harian di Kabupaten Tuban menjadi sistem pelayanan parkir berlangganan,” terang Drs Gunadi, selaku Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Tuban.

Ia menambahkan, sebelum diberlakukan sistem parkir berlangganan, di Tuban masih menggunakan parkir konvensional yang syarat akan persoalan. Seperti halnya di wilayah pekotaan, parkir konvensional kerap memunculkan aksi pungutan liar, premanisme, juru parkir liar, pelayanan parkir yang mengecewakan hingga kebocoran PAD penerimaan dari sektor tersebut.

“Kebijakan ini menjadi langkah kongkrit pemerintah menyelesaikan persoalan parkir liar dan jukir liar, tidak hanya peningkatan pelayanan yang didapat, dampak positif lainya adalah peningkatan pendapatan daerah dari sektor itu sendiri,” sambung Gunadi.

Dengan keberhasilan pengelolaan parkir berlangganan tersebut, tidak heran jika Dinas Perhubungan Tuban beberapa kali mendapat kesempatan memaparkan sistem pengelolaan parkir berlangganan yang sudah dijalankan, didepan perwakilan Pemerintah Kabupaten / Kota dan Kasat Lantas se-Jawa Timur. Serta bersama dengan Ditlantas Polda Jatim dan juga akademisi dari Universitas terkemuka di Jawa Jimur.

“Alhamdulillah respon positif datang dari beberapa kabupaten, diantaranya Kabupaten Malang, Lamongan, Dompu, Rembang, Pekalongan, Salatiga, Ciamis, Sumedang. Serta Kabupaten Kudus yang baru-baru ini berkunjung ke tempat kami,” paparnya.

Sementara itu, di tengah-tengah pandemi Covid 19, juru parkir dar Dishub Tuban itu juga menjadi polisi protokol kesehatan bagi masyarakat guna memutus rantai penyebaran virus Corona. Yakni keberadaan para jukir itu selalu mengingatkan masyarakat yang parkir untuk menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, cuci tangan sebelum masuk toko dan juga jaga jarak.

“Selanjutnya di moment peringatan Hari Jadi Kabupaten Tuban ke 727 tahun dan tiga tahun berjalanya Parkir Berlangganan, ini menjadi motivasi tersendiri bagi kami Dinas Perhubungan Tuban dan seluruh personil jukir untuk terus meningkatkan Kualitas layanan bagi para pelanggan parkir di Kabupaten Tuban ini,” pungkasnya.[mut/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar