Politik Pemerintahan

Subway Surabaya, Ini Saran dari Kemenhub untuk Pemkot

Kepala BPSDMP Kementerian Perhubungan, Umiyatun Hayati (berjaket hitam)

Surabaya (beritajatim.com) – Meskipun sempat kurang setuju terhadap wacana trem di Kota Pahlawan, kini Kementerian Perhubungan menunjukkan apresiasinya terhadap rencana Pemkot dalam mewujudkan Subway Surabaya. Beberapa masukan pun turut diberikan demi optimalisasi hal itu.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kementerian Perhubungan, Umiyatun Hayati mengungkapkan, subway Surabaya layak dibilang sebagai gagasan yang tepat. “Karena, kondisi pemetaan wilayah yang ada di atas tanah ini sudah tidak lagi memungkinkan karena banyak alasan,” katanya.

“Tapi, perlu memastikan beberapa unsur kelayakan. Itu ada beberapa hal di dalamnya. Ada masalah teknis, legal, finansial, ekonomis, dan juga lingkungan. Perlu diperhatikan,” tambah Umi, sapaan akrabnya.

Lebih lanjut, wanita yang pernah menjabat sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan¬†Kementerian Perhubungan ini mengingatkan Pemkot terkait hal paling penting dalam gagasan Subway Surabaya. “Peran pemerintah daerah tidak boleh hilang. Subway ini sudah pasti biayanya mahal. Perlu ada subsidi yang diberikan,” tegas Umi.

“Pemberian subsidi ini bisa dilakukan dengan cara kombinasi atau subsidi silang. Seperti apa? Di setiap pemberhentian Subway, bisa dijadikan pusat pusat bisnis dan perekonomian. Jadi perputarannya ada. Orang pun jelas dari mana ke mana untuk apa. Integrated dengan pengembangan wilayahnya,” jelasnya.

Umi, pada kesempatan ini, turut optimis jika pembangunan Subway Surabaya bisa terwujud. Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, menurutnya Kota Pahlawan sangat mampu untuk mewujudkan rencana itu. “Asalkan, peta pengembangan wilayahnya harus disesuaikan,” katanya.

“Tapi, kalau bicara kemampuan anggaran, kota besar ini pasti mampu. Tidak akan susah (untuk mewujudkan). Apalagi kalau diterapkan subsidi silang untuk ke depannya. Bukan hal yang susah,” pungkas Umi. [ifw/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar