Politik Pemerintahan

Suara PKB Bergeser Misterius, Ini Tanggapan Bawaslu

Jember (beritajatim.com) – Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Jember, Jawa Timur, menerima laporan adanya pergeseran suara calon legislator Partai Kebangkitan Bangsa secara misterius.

“Pak Wakik (caleg DPRD Jember dari PKB) melaporkan suara di Kecamatan Tanggul, Daerah Pemilihan VI, atas nama Haji Syaiful berkurang,” kata Ketua Bawaslu Jember Thobroni Pusaka, Sabtu (27/4/2019) malam.

Mereka mengaku saat rekapitulasi suara, saksi PKB sebenarnya ada. “Tapi saksinya dari caleg lawan. Jadi ini pertarungan antarcaleg sendiri,” kata Thobroni.

Namun Bawaslu tetap menerima laporan itu. “Nanti kami akan lihat data yang didapat Bawaslu di mana perbedaannya. Kalau ada perbedaan, saat rekapitulasi suara tingkat kabupaten kami akan rekomendasikan perbaikan. Kalau bisa lihat kotak, lihat C1 plano,’ kata Thobroni.

Menurut Wakik, data di formulir DAA tidak sama dengan formulir DA1 Kecamatan Tanggul. “Baik suara partai maupun suara caleg masing-masing. Contohnya DAA di Desa Tanggul Kulon menunjukkan ada 207 suara untuk saya, tapi di DA1 ada 874 suara,” katanya.

Wakik mengatakan, suaranya bergeser. “Diduga (bergeser) di internal PKB juga. Tapi saya tidak enak sebut nama,” katanya. (wir/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar