Politik Pemerintahan

Strategi Masbup Gaet Wisatawan Mancanegara Berkunjung ke Gunung Kelud Kediri

Kediri (beritajatim.com) – Gunung Kelud menjadi salah satu tempat wisata alam andalan di Kabupaten Kediri. Setelah ditutup karena pandemi Covid-19, tempat berlibur ini telah dibuka kembali. Tentunya dengan berbagai penataan dan protokol kesehatan yang ketat.

Menjadi salah satu obyek wisata yang dikelola, Pemkab Kediri terus melakukan pembenahan dan penataan agar menjadi daya tarik bagi wisata yang hendak berkunjung. Di bawah kepemimpinan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, wisata Gunung Kelud akan didorong menjadi destinasi wisata alam kelas Internasional.

“Kami berharap wisata Gunung Kelud tidak hanya dikenal pada tingkat nasional, tetapi juga internasional. Tentunya kami terus melakukan berbagai inovasi dan penataan,” kata Mas Bup, panggilan akrab Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat berkunjung beberapa waktu lalu.

Dalam penataan tersebut, masih kata putra Sekretaris Kabinet Pramono Anung itu, hal yang terpenting adalah penyediaan akses jalan. Jalur menuju ke tempat wisata Gunung Kelud kini dilakukan perbaikan dan penataan. Kemudian keduanya, Pemkab Kediri mengatur regulasi tentang pangkalan ojek yang ada disana. Tukang ojek yang beroperasi disana, berasal dari warga sekitar.

Masih kata Mas Bup, untuk menarik para wisatawan ke Gunung Kelud tidak cukup hanya mengandalkan pengembangan wisata Gunung Kelud saja, tapi juga harus melibatkan sektor lainnya. Seperti memaksimalkan potensi kampung Inggris yang biasa didatangi para pelajar dan mahasiswa dari luar jawa bahkan luar negeri. Kampung Inggris juga memiliki potensi yang besar untuk mendorong para wisatawan datang ke Gunung Kelud.

Untuk diketahui, lokasi Wisata Gunung Kelud Kediri terletak di Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur. Letak Gunung Kelud sendiri mencakup tiga wilayah yaitu Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang. Berjarak sekitar 27 kilometer dari pusat Kota Kediri. Gunung Kelud merupakan gunung yang masih aktif di Indonesia.

Untuk dapat menuju wisata Gunung Kelud, dapat menempuh rute dari Kediri menuju ke Kecamatan Pesantren, Wates Ngancar dan Desa Sugihwaras. Sebelum menuju ke Gunung Kelud, wisatawan akan melewati Mysterius Road. Jalan ini dinamai Mysterius Road karena ada fenomena aneh dan unik yaitu, kenadaraan akan berjalan mendaki meskipun mesin kendaraan dimatikan. [adv kominfo/nm]



Apa Reaksi Anda?

Komentar