Politik Pemerintahan

Strategi Bupati Kediri dalam Pemulihan Ekonomi

Kediri (beritajatim.com) – Bupati Kediri, dr. Hj. Haryanti Sutrisno, mengapresiasi bantuan Pemprov Jatim sebagai langkah pemulihan ekonomi di daerah pandemi yang diserahkan langsung oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. Penyerahan bantuan ini dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Kediri, Sabtu (3/10/20).

Bupati Haryanti menyampaikan bahwa langkah pemulihan ekonomi terus pula dilakukan Pemerintah Kabupaten Kediri. Diantaranya dengan pemberian bantuan sosial hingga upaya pemberdayaan UMKM dengan mendorong pemasaran melalui bentuk layanan online.

“Harapannya dengan bantuan ini dapat mengurangi dampak ekonomi secara langsung pada masyarakat. Semoga bermanfaat bagi masyarakat dan dapat digunakan sebagaimana mestinya,” jelasnya.

“Selain itu Pemerintah Kabupaten Kediri mendorong pelaku UMKM untuk memasarkan produk melalui online. Diharapkan melalui pemasaran daring bisa menjembatani kendala dimana kondisi pasar saat ini mengalami penurunan omset bila harus menjual secara tatap muka. Jangkauan pemasaran online pun lebih luas jadi produk bisa lebih dikenal,” tambahnya.

Dalam kesempatan ini diserahkan bantuan Pemprov berupa ventilator, sertifikat program strategi nasional, BLT DD, masker pendamping desa, BKK BUMDES, dan program Jatim Puspa. Ada juga dana kredit usaha dari Dagulir Bank Jatim dan Bank UMKM Jatim, KUR dan PEN dari Bank Mandiri, subsidi upah dan kartu santri dari Bank BNI serta bantuan manfaat program BPJS Ketenagakerjaan juga santunan kepada anak yatim.

Gubernur Khofifah mengajak semua bergerak bersama untuk memulihan perekonomian Jawa Timur. Seluruh stakeholder perbankan bersama pemerintah, TNI dan Polri turun ke lapangan mendistribusikan bantuan. Dirinya menekankan, semua harus tetap mengedepankan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya.

“Pada posisi ini media juga bisa menjadi penguat dari proses pemulihan ekonomi dan pengendalian penyebaran Covid-19. Hal ini agar penanganan sektor kesehatan berjalan beriringan dengan gerak roda perekonomian,” terangnya. [nm/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar