Politik Pemerintahan

Stok Pupuk Bersubsidi di Sumenep Dipastikan Aman

Bupati Sumenep, Ach. Fauzi (foto : temmy)

Sumenep (beritajatim.com) – Stok pupuk bersubsidi di Kabupaten Sumenep pada musim tanam tahun 2021 dipastikan aman.

“Pupuk bersubsidi itu terpenuhi bagi petani yang tergabung dalam kelompok tani (poktan). Kalau sudah tergabung dalam poktan, maka secara otomatis mereka akan terdata dalam Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK),” kata Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, Jumat (16/04/2021).

Karena itu, Bupati meminta agar para petani membentuk kelompok tani di masing-masing wilayah. Nantinya masing-masing mendapatkan haknya melalui kartu tani. “Kartu tani itu dapat menjamin penyediaan pupuk bersubsidi,” terang Bupati.

Ia menambahkan, dengan kepemilikan kartu tani, maka dapat meminimalisir penyelewengan pupuk bersubsidi dari pihak yang tidak bertanggungjawab. “Kalau yang memiliki kartu tani sudah jelas mendapatkan pupuk bersubsid,.karena sudah diatur dalam UU nomor 19 tahun 2013 tentang perlindungan dan pemberdayaan petani,” ujarnya.

Selain itu, dengan kartu tani, para petani dapat memanfaatkan untuk akses permodalan. Salah satunya adalah kredit usaha rakyat (KUR). “Tujuannya tentu saja agar petani tidak hanya menjadi petani. Tapi juga bisa menjadi pengusaha,” pungkasnya. (tem/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar