Politik Pemerintahan

Stok Beras di Ponorogo Aman Sampai Akhir Tahun

Wakil bupati Lisdyarita saat meninjau gudang bulog beberapa waktu yang lalu. (Foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Pemenuhan kebutuhan beras menjelang lebaran di Ponorogo akan aman. Hal itu diungkapkan oleh Bulog Ponorogo. Bahkan perusahaan itu mengklaim stok beras di gudangnya aman hingga akhir tahun ini.

Pemimpin Cabang Bulog Ponorogo Eko Yudi Miranto menyebut stok beras di 5 gudangnya saat ini mencapai 18 ribu ton. Jumlah tersebut, tidak hanya mencukupi kebutuhan bahan pokok di Ponorogo, namun juga untuk Kabupaten Pacitan dan Magetan.

“Wilayah Bulog Ponorogo meliputi Ponorogo,  Pacitan dan Magetan. stok beras kita aman hingga akhir tahun nanti,” kata Eko, Senin (10/5/2021).

Selain stok yang masih aman hingga akhir tahun, Eko menyebut bahwa pihaknya hingga saat ini masih melakukan penyerapan beras dari para petani lokal. Sehingga jumlah ketersediaan beras akan terus bertambah. Setiap hari, Bulog Ponorogo mampu menyerap 100 hingga 200 ton beras yang berasal dari para petani, baik itu melalui kelompok tani (poktan) maupun dari gabungan kelompok tani (gapoktan).

“Penyerapan kami prioritaskan dari petani lokal sini,” katanya.

Untuk memperlancar penyerapan beras petani lokal, Bulog Ponorogo berharap petani lokal ini menjaga kualitas dan mutu berasnya yang akan disetor ke Bulog. Sehingga Bulog memberikan kriteria khusus agar beras petani itu bisa diserap. Eko mengungkapkan sesuai Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) nomor 24 tahun 2020, ada empat patokan yang harus dipenuhi petani agar berasnya bisa diserap oleh Bulog.

Yakni, kualitas kadar air paling tinggi 14 persen, butir patah 20 persen, kadar menir paling tinggi 2 persen, dan derajat sosoh paling sedikit 95 persen. Kalau kriteria itu dipenuhi, Bulog akan menyerap beras milik petani.

“Kami juga harus menjaga mutu beras untuk masyarakat. Dengan kriteria tersebut, beras yang disimpan di gudang, nantinya tidak akan ada penurunan mutu,” pungkasnya. (end/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar