Politik Pemerintahan

Bahas Insiden Papua di Surabaya dan Malang

Stafsus Presiden untuk Papua Lenis Kogoya Datang, Gubernur Khofifah Sajikan Papeda

Stafsus Presiden untuk Papua, Lenis Kogoya berbincang dengan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa

Surabaya (beritajatim.com) – Gubernur Jatim Khofifah menerima kedatangan tamu Staf Khusus Presiden untuk Papua, Lenis Kogoya di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (20/8/2019). Beberapa mahasiswa asal Papua yang sedang menempuh kuliah di Surabaya juga tampak hadir.

Khofifah tampak didampingi Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak, Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono, Plt Asisten I Sekdaprov Jatim Himawan Estu Bagijo, Kepala Bakesbangpol Jatim Jonathan Yudianto, Kadispora Jatim Supratomo, Plt Kadis Pendidikan Jatim Hudiyono dan Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan.

Dalam pertemuan itu, Khofifah menyuguhkan masakan khas Papua, yaitu Papeda. Lenis Kogoya sangat senang mendapat suguhan itu. Bahkan, Lenis mengajari Khofifah cara mengambil Papeda itu dengan cara menggulungnya baru dinikmati.

Papeda adalah warisan kuliner tanah Papua. Papeda biasa disantap bersama ikan tongkol, ikan gabus, ikan kakap merah, ikan bubara, hingga ikan kue yang dimasak kuah kuning tersebut. Bukan hanya olahan ikan, papeda juga dimakan bersama sayur ganemo yang terbuat dari daun melinjo dan bunga pepaya tumis.

Dalam sejarahnya, papeda dikenal luas dalam tradisi masyarakat adat Sentani dan Abrab di Danau Sentani dan Arso, serta Manokwari. Makanan ini kerap hadir pada saat acara penting yang sedang berlangsung di wilayah-wilayah tersebut. Sehingga, papeda masuk dalam daftar kuliner bersejarah yang dibuat dalam tradisi masyarakat setempat.

Bukan hanya menjadi salah satu warisan kuliner Tanah Air, papeda juga tergolong dalam makanan sehat karena rendah kolesterol dan lemak.

Cara mengambil papeda ini adalah dengan menggulungnya hingga melingkari garpu atau sumpitnya, lalu diletakkan di piring masing-masing. Kemudian, papeda disiram dengan ikan kuah kuning. Memakannya pun harus dengan cara diseruput cepat dan langsung ditelan. Papeda sendiri memiliki rasa yang hambar, sehingga perlu dimakan bersama lauk ikan dan sambal colo-colo agar semakin sedap. (tok/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar