Politik Pemerintahan

SPIN Sebut Elektabilitas Prabowo Capai 33 Persen

Foto : dok Tim Media Prabowo Subianto
Foto : dok Tim Media Prabowo Subianto

Jakarta (beritajatim.com) – Survey and Polling Indonesia (SPIN) menyebut Prabowo Subianto masih tetap unggul untuk menjadi tokoh yang dipilih rakyat menjadi Presiden di Pemilu 2024 mendatang. Prabowo mengungguli dua tokoh lainnya yakni Ganjar Pranowo dan Anies Rasyid Baswedan.

“Elektabilitas Prabowo masih bertahan sebagai calon Presiden paling utama pilihan publik dengan perolehan persentase 33,0%,” ujar Direktur Eksekutif SPIN Igor Dirgantara menyampaikan hasil survei secara daring, Minggu (19/2/2023).

Menurutnya, urutan selanjutnya adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang memperoleh elektabilitas 20,6% berpaut tipis dengan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. “Selisih antara Prabowo dengan Ganjar dan Anies cukup meyakinkan berada di 12,4% sementara Ganjar dan Anies hanya terpaut 0,6% saja,” kata Igor.

Data SPIN kali ini memperlihatkan nama Calon Presiden potensial selanjutnya, yakni Mochamad Ridwan Kamil dengan tingkat elektabilitas 8,0%, lalu di bawahnya ada Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ke posisi ke-5 dengan perolehan 3,0%.

Survei SPIN ini dilakukan pada tanggal 3-13 Februari 2023 dengan total jumlah responden 1230. Kriteria responden ada penduduk berusia 17 tahun keatas atau sudah pernah menikah. Sebaran sampel tersebar di 34 provinsi, dengan teknik sampel menggunakan multi-stage random sampling pada tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error sebesar ± 2,8 persen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung. Kontrol kualitas 10 persen dari sampel. [kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar