Politik Pemerintahan

SPAM Umbulan Akan Pasok Air Bersih untuk 1,3 Juta Jiwa Warga Jatim

Surabaya (beritajatim.com) – Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa melakukan Peresmian Pemanfaatan (Soft Launching) sampai dengan Offtake Porong-Sidoarjo KPBU SPAM Umbulan, Minggu (22/12/2019). Dalam acara itu, juga dihadiri Anggota Wantimpres RI Soekarwo, Bupati Sidoarjo Saiful Illah dan Siswono Yudohusodo (Mantan Menteri Perumahan Rakyat sekaligus Pendiri PT Bangun Tjipta Sarana).

Sejak ditetapkan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) di tahun 2017 lalu, proyek SPAM Umbulan kini sejatinya sudah masuk tahap akhir pembangunan infrastuktur jaringan perpipaan. Pembangunan jaringan pipa kini di lima kabupaten dan kota sudah berprogress 96 persen.

Dari total 96,5 kilometer panjang jaringan pipa dari Kabupaten Pasuruan hingga Kabupaten Gresik, kini tersisa 1,9 kilometer saja jaringan pipa yang belum tersambung. “Kami ingin mempercepat operasional air SPAM Umbulan untuk mengatasi kebutuhan air bersih di lima kabupaten/kota di Jatim. Yaitu di Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik,” kata Khofifah.

Dengan tersisa jaringan pipa sepanjang 1,9 km, menurut gubernur, dalam waktu tiga minggu ke depan diharapkan sudah tuntas. “Januari 2020 semoga bisa terdistribusi. Pada akhir Januari 2020 direncanakan pemanfaatan KPBU SPAM Umbulan mencapai Surabaya dan akan terserap sampai dengan 1.000 liter/detik. Secara bertahap penyerapan tersebut akan meningkat sampai dengan 4.000 liter/detik dan bisa dikonsumsi 1,3 juta jiwa di lima daerah,” jelasnya.

Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono dalam sambutan laporannya mengatakan, pada KPBU SPAM Umbulan terdapat sistem produksi dengan kapasitas 4.000 liter/detik dan pipa transmisi dengan panjang mencapai 93 km dengan 18 offtake serta 6 elevated reservoir dan 11 ground tank untuk melayani lima kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya, dan Kabupaten Gresik.

Peresmian pemanfaatan KPBU SPAM Umbulan yang dilakukan ini telah mencapai offtake Porong Sidoarjo mencakup 8 offtake yaitu Winongan, Pohjentrek, Pleret, PIER, Bangil, Gempol, Porong1 (PT AB Jatim), Porong2 (Sidoarjo) yang melayani kebutuhan air minum di kawasan Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan dan Sidoarjo. Saat ini, progres fisik pelaksanaan hingga bulan Desember 2019 mencapai 95,2 persen.

Baca Juga:

    Beberapa pihak yang terlibat dalam proyek SPAM Umbulan ini adalah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian PUPR, Kementerian Keuangan, Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas, Kejaksaan Tinggi Provinsi Jawa Timur, BPKP baik pusat maupun perwakilan Jawa Timur, PT Meta Adhya Tirta Umbulan, PT Sarana Multi Infrastruktur, PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia, Konsultan Pengawas Independen LAPI Ganesha Tama, Indonesia Infrastructure Finance.

    Sebagaimana diketahui, pembangunan proyek strategis nasional SPAM Umbulan ini dilakukan dengan sistem kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU). Ada sebagian dana dari APBN, ada sebagian dari APBD Provinsi Jawa Timur dan ada dana dari pihak swasta.

    Jika sudah beroperasi seluruhnya, distribusi SPAM Umbulan akan dibagi kelima Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Provinsi Jawa Timur. Yaitu masing-masing untuk Kota Surabaya sebesar 1.000 liter per detik, Kabupaten Pasuruan 410 liter per detik, Kota Pasuruan 110 liter per detik, Kabupaten Sidoarjo 1.200 liter per detik, Kabupaten Gresik 1.000 liter per detik dan PT. AB 280 liter per detik. (tok/kun)

    Apa Reaksi Anda?

    Komentar