Politik Pemerintahan

Sosiolog Unesa: Fandi Utomo Sosok Alternatif Penerus Risma

Surabaya (beritajatim.com) – Munculnya Fandi Utomo (FU) sebagai kandidat bakal calon Wali Kota Surabaya cukup menarik perhatian dari berbagai kalangan. Kiprahnya di dunia politik serta pengalamannya menjadi Anggota DPR RI menjadi salah satu poin plus, tidak hanya itu sosok Fandi Utomo dinilai mampu mencerminkan Presiden Jokowi dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Pengamat Sosiolog Politik UNESA Agus Machfud Fauzi, menyampaikan, untuk Pilwali surabaya Fandi Utomo merupakan sosok yang mampu mencerminkan Presiden Jokowi dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, dikarenakan pengalamannya dan kepahamannya selama duduk sebagai DPR RI di komisi II DPR RI yang menyangkut pemerintahan, selain itu Fandi Utomo juga terlibat aktif demgan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat pilgub lalu.

“Dari sekian nama yang sudah mencuat di Pilwali surabaya seperti Wawali Surabaya Whisnu Sakti Buana kiblatnya untuk visi-misi pun sudah sangat jelas pada Presiden Jokowi, namun KH Zahrul Azhar atau yang dikenal Gus Hans berorientasi pada Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Sedangkan Fandi Utomo mampu berkiblat pada presiden maupun gubernur,” ungkap mantan komisioner KPU Jatim ini.

Agus Mahfud juga menegaskan, tidak hanya itu, Fandi Utomo juga mampu menjadi pilihan alternatif jika konflik di internal PDIP belum tuntas dan belum menemukan sosok yang disepakati.

“Fandi Utomo juga bisa menjadi solusi pilihan di antara dua kubu yang saat ini ada di Pilwali surabaya yakni kubu Walikota Surabaya Tri Rismaharini atau PDIP dan kubu Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, dan Fandi Utomo akan mampu menjadi sosok alternatif dari dua kubu tersebut, apalagi Fandi Utomo sudah banyak dikenal oleh kalangan masyarakat Surabaya,” pungkasnya. [ifw/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar