Politik Pemerintahan

Sosialisasi Moda Gratis di Pulau Bawean

Gresik (beritajatim.com) – Selama moda transpotasi gratis di Pulau Bawean Gresik belum tersedia. Namun, dalam waktu dekat Dinas Perhubungan (Dishub) setempat memastikan dua unit angkutan bisa beroperasi di pulau puteri tersebut.

Terkait dengan moda transpotasi ini. Dishub Gresik mengadakan sosialisasi bersama warga Pulai Bawean. Tujuannya, angkutan tersebut beroperasi warga sudah tahu dan bisa dimanfaatkan.

Kepala Dishub Gresik Nanang Setiawan menguturkan, angkutan umum yang akan beroperasi mulai bulan puasa yakni April 2021 nanti bisa dimanfaatkan secara gratis. Namun untuk tahap awal, angkutan tersebut untuk fasilitas umum. “Belum ada spesifik untuk siswa, ya untuk umum saja,” tuturnya, Jumat (26/03/2021).

Bagi masyarakat Bawean yang akan berpergian bisa memanfaatkan angkutan tersebut. Apalagi untuk mengelilingi jalan lingkar Bawean butuh waktu 1-2 jam saja. “Saat penerapan, tentu akan kami evaluasi kemudian akan kami ajukan ke Dirjen Perhubungan Darat untuk pengembangannya,” ujar Nanang.

Sementara, Kabid Angkutan Dishub Gresik Muhammad Amri mengatakan, angkutan yang akan beroperasi di Bawean itu berjumlah dua unit. Masing-masing memiliki dua kali putaran. Artinya, dalam sehari masyarakat bisa menjumpai angkutan sebanyak empat kali,” paparnya.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya tengah menyesuaikan dengan kearifan lokal. Hal tersebut menyangkut model angkutan yang akan beroperasi disana. Hal ini karena masyarakat disana mayoritas adalah nelayan. “Angkutannya gratis, tapi kan warga sering membawa barang-barang seperti ikan dalam jumlah banyak. Soal ini kami akan sosialisasikan supaya masyarakat tepat guna memanfaatkannya,” pungkasnya. [dny/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar