Politik Pemerintahan

Sore Ini, Bawaslu Jatim Putuskan Kasus Raibnya Caleg Hanura dari Surat Suara

Jember (beritajatim.com) – Badan Pengawas Pemilu Jawa Timur di Surabaya akan memutuskan temuan kasus raibnya nama calon legislator DPRD Jember dari surat suara, Senin (10/6/2019) sore.

“Rencananya jam tiga ini. Seluruh Bawaslu Jember dalam perjalanan ke Surabaya untuk menghadiri sidang putusan,” kata Ketua Bawaslu Jember Tobroni Pusaka.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Ariandri Shifa Laksono, calon legislator DPRD Jember nomor urut 5 di Daerah Pemilihan II, tidak tercantum dalam surat suara. Dalam surat suara justru tercantum nama Sugeng Hariyadi, calon legislator yang sudah meninggal dunia dan sudah diusulkan pergantiannya oleh DPC Hanura sebelum penetapan Daftar Calon Tetap (DCT).

Kesalahan ini membuat Jumadi Made, saksi Partai Hanura, menolak menandatangani berita acara rekapitulasi penghitungan suara hasil pemilu. “Pemilu di Dapil II cacat hukum. Kalau sudah cacat hukum, bagaimana dengan DPRD Jember-nya,” katanya.

Bawaslu Jatim sudah memanggil pihak-pihak terkait untuk diklarifikasi pada Rabu (29/5/2019) dan Jumat (31/5/2019). Beberapa saksi yang dihadirkan adalah saksi Partai Demokrat dan Bawaslu Jember. “Saksi dari Partai Hanura tidak hadir pada sidang tanggal 31 Mei,” kata Tobroni.

Sebenarnya, kata Tobroni, awalnya yang menjadi perdebatan adalah suara untuk Sugeng Hariyadi menjadi hak milik siapa. Ini dikarenakan nama Ariandri yang seharusnya dalam surat suara menggantikan Sugeng justru tak tercantum.

“Saya sudah mengajak Ariandri untuk hadir ke Surabaya. Namun dia menolak dan menyatakan sudah pasrah dan tak mempermasalahkan. Kalau Dewan Pimpinan Cabang Hanura mempermasalahkan, itu wilayah DPC,” kata Tobroni. (wir/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar